Animo Menjadi Banser Tinggi, PAC GP Ansor Karanggeneng Gelar Diklatsar di tengah Pandemi

Ketua Pengurus Cabang GP. Ansor Lamongan, M, Masyhur memimpin apel pembukaan Diklatsar Banser PAC GP Ansor Karanggeneng angkatan III tahun 2021 di SMP Empat Lima Latukan. foto: omdik_Kanalindonesia.com

 LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Karanggeneng angkatan III tahun 2021 mengikuti apel pembukaan pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) dengan tema Mencetak kader militant untuk meneguhkan ideologi Aswaja dalam menjaga NKRI, di SMP Empat Lima Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan, Jum’at (05/02/2021).

Sebanyak 70 orang kader Banser akan mengikuti pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) selama 3 hari yang dimulai hari ini hingga Minggu dini hari. Apel pembukaan Diklatsar Banser angkatan III PAC GP Ansor Karanggeneng tahun 2021 tersebut dibuka oleh Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Lamongan, M. Masyhur.

Dalam apel pembukaan, Ketua PC GP Ansor Lamongan, M. Masyhur mengingatkan kepada para peserta agar meluruskan niatnya supaya seluruh amal baktinya kelak selama bersama Ansor dan Banser bisa memberikan kemaslahatan dan kebaikan baik dunia maupun akhirat.

Baca:  Jaring Bakat Pemain Sepak Bola Berbakat, KNPI Lamongan Gelar ESG di tiap Kecamatan
M. Masyhur selaku Ketua Pengurus Cabang GP Ansor Lamongan menyematkan tanda peserta kepada peserta Diklatsar Banser PAC GP Ansor Karanggeneng angkatan III tahun 2021. foto: omdik_Kanalindonesia.com

“Pelaksanaan Diklatsar Banser di tengah masa pandemi covid-19, tidak menjadi penghambat pelaksanaan Diklatsar Banser dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, hal ini menunjukkan komitmen Ansor Banser sebagai garda terdepan dalam mengawal ulama NU dan menjaga keutuhan NKRI yang dibuktikan dengan terus mencetak kader-kader militan yang cinta Ulama dan NKRI,” kata Masyhur.

Masyhur pun berharap agar para peserta Diklatsar ini sungguh-sungguh dalam mengikuti materi yang akan diterima. Menurut Masyhur materi-materi yang akan diberikan dalam diklatsar ini antara lain tentang kedisplinan berbasis semi militer, wawasan kebangsaan, ke-NU-an, ke-Islaman, kepemimpinan, keorganisasian, serta peningkatan sumberdaya manusia.

“Kami berharap para peserta yang dikader ini akan menjelma sebagai kader Banser yang tangguh, militan, berakhlak mulia dan memiliki kepribadian yang baik sehingga bisa mengimplementasikannya dalam ruang pengabdian ditengah-tengah masyarakat,” jelasnya

Baca:  Polres Madiun Ungkap Tiga Kasus Illegal Logging

Selain itu kader Banser juga harus mengabdikan diri kepada masyarakat melalui gerakan sosial seperti membantu penanganan korban bencana alam serta bakti sosial lainnya yang menunjukkan bahwa kiprah Banser adalah murni untuk pengabdian, bukan saja kepada ulama dan NU namun juga kepada masyarakat secara luas.

Sementara itu, Ketua Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Karanggeneng, Hadi Santoso mengatakan kader Banser akan diproyeksikan untuk tetap konsisten mempertahankan persatuan Indonesia dalam kebinnekaan NKRI, serta menjaga para ulama.

“Diharapkan kader Banser nantinya adalah kader unggul untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka akan menjadi ujung tombak meningkatkan sikap nasionalisme dan patriotisme di masyarakat,” terang Hadi Santoso.

Baca:  Universitas YARSI Luluskan 348 Wisudawan

Lebih lanjut Hadi mengharapkan para peserta dapat menjadi kader yang mampu mengawal tradisi Indonesia yang penuh dengan keberagaman, toleransi antar budaya dan agama. Terlebih saat ini,  ansor menyadari besarnya tantangan ansor seperti menghadapi ujaran kebencian baik terhadap Ansor, Banser, nahdlatul ulama, dan upaya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia. Oleh karena itu diklat ini merupakan upaya untuk mencetak Kader lahir batin ahlussunnah wal jamaah.

Hadir dalam apel pembukaan tersebut, Camat Karanggeng, Kapolsek Karanggeneng, Danramil Karanggeneng, dan Banom NU di wilayah MWC Karanggeneng serta perwakilan dari Pengurus Cabang Pemuda Muhammadiyah dan Pengurus Karangtaruna setempat. Pembukaan Diklat Banser angkatan III tahun 2021 ditandai dengan penyematan tanda peserta Diklatsar oleh Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Lamongan kepada perwakilan peserta.(omdik/fer)