Kasus Covid di Jombang Tinggi. 258 Pengunjung Pasar Ditegur, Usai Kedapatan tak Pakai Masker

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Covid di Jombang capai 3 ribu kasus positif. Dalam sehari, tim gabungan operasi yustisi dapati 258 pengunjung pasar tak pakai masker. Alhasil para pelanggar tersebut dapat teguran lisan.

Teguran tersebut diberikan agar masyarakat yang berbelanja di pasar tidak meninggalkan protokol kesehatan. Masih banyak didapati masyarakat yang tidak taat prokes menandakan kesadaran masih rendah.

Lebih dari 200 pengunjung pasar yang terjaring operasi yustisi ini terbagi di dua pasar sasaran operasi yaitu pasar Cukir dan pasar Gudo di Kecamatan Diwek.

Panglima Pengawas (Pawas) Operasi Yustisi, AKP Mochammad Mukid mengatakan, saat menemukan ratusan orang yang tidak taat prokes, langsung diberi teguran lisan dan diberikan masker.

Baca:  MWC NU Ganding, Siap Datangkan Gus Azmi

“Melaksanakan patroli mobiling dan pembagian masker sebagai tanggung jawab kita dalam pelaksanaan tugas. Dan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya pada Selasa (9/1/2021).

Saat di pasar Cukir, pihaknya mendapati ada 125 orang tidak pakai masker. Kemudian saat di pasar Gudo ada 133 orang yang terjaring dari hal yang sama.

“Kami juga melakukan pengecekan suhu menggunakan Thermo Gun kepada pengunjung pasar Cukir dan Gudo serta memberikan himbauan agar tetap mematuhi prokes dan memakai masker untuk menekan angka korban yang terpapar virus Covid 19 di wilayah Jombang,” katanya.

Selain melakukan cek suhu badan, 200 masker dibagikan kepada masyarakat. Masing-masing di dua pasar dibagikan 100 masker. Operasi yustisi gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub ini katanya akan dilakukan secara berkelanjutan.

Baca:  Warga Bangkalan Digegerkan Penemuan Mayat Penuh Luka dan Leher Nyaris Putus

“Tentunya dalam rangka penerapan Inpres No 6 tahun 2020 tentang disiplin protokol kesehatan dan penerapan Perda Provinsi Jatim No 2 tahun 2020 serta Perbup 57 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan penekanan serta pengendalian covid 19,” beber Kasat Resnarkoba Polres Jombang ini.

Operasi yustisi gabungan kali ini di ikuti sekitar 40 personil gabungan TNI/Polri, Satpol PP dan Dishub. Mulai bergerak pukul 09.00 sampai 11.30 WIB dari Pendopo Kabupaten Jombang.(GIT)