Dampak Covid 19, TNI AL Reschedule Rekrutmen Prajurit

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM Dampak Covid 19 di Indonesia yang hingga saat ini masih tinggi sangat berpengaruh terhadap proses penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut TA. 2020 sehingga jadwal rekrutmen yang sudah ditetapkan sebelumnya harus di reschedule. Hal tersebut disampaikan Asisten Personel (Aspers) Kasal, Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) saat membuka rapat evaluasi penerimaan prajurit TNI AL TA. 2020 dan rencana penerimaan personel TNI AL tahun 2021 secara virtual, dari ruang rapat Staf Personalia Angkatan Laut (Spersal), Mabesal Cilangkap Jakarta Timur, Selasa, (9/2/21).

Rapat yang akan dilaksanakan selama dua hari ini diikuti seluruh komuniti personel dan kedinasan-kedinasan terkait seluruh Indonesia dengan agenda paparan evaluasi penerimaan prajurit TNI AL TA 2020 oleh Paban II Binteman Spersal Kolonel Laut (E) Mukhlis, S.Y., M.M dan rencana penerimaan personel TNI AL TA 2021 oleh Kalapetal Disminpersal Kolonel Laut (P) Apri Suryanta, S.E.,M.M.,CHRMP, serta paparan tentang rencana pengadaan CPNS TNI AL TA 2021 oleh Kasijabpatsip Disminpersal Pembina Tk.I IV/b Sutrisno, S.Sos., M.Si.

Baca:  Partisipasi Kostrad pada Korban Banjir Bima

Aspers Kasal menegaskan bahwa dalam masa pandemi Covid 19 penerimaan prajurit tetap harus dilaksanakan namun perlu suatu terobosan dengan melaksanakan rekrutmen berdasarkan prosedur protokol kesehatan Covid 19.

“Covid 19 bukan alasan untuk tidak bisa mencari generasi-generasi muda Indonesia yang berkualitas untuk bergabung menjadi anggota TNI AL melalui jalur penerimaan Perwira, Bintara,Tamtama dan PNS TNI AL,”tegasnya.

Menurut Aspers Kasal, tersedianya prajurit TNI AL yang unggul, salah satunya sangat ditentukan pada saat awal fungsi pembinaan personel (Binpers) yaitu penyediaan sehingga Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Lapetal) Disminpersal, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) dan Pangkalan TNI AL (Lanal) yang ditunjuk sebagai Panitia Daerah (Panda) mempunyai peranan sangat penting untuk menjaring calon prajurit TNI AL melalui pengembangan strategi kampanye werving yang kreatif dan inovatif.

Baca:  Panglima TNI : Tahun Ini, TNI Konsentrasi Bersih-Bersih Korupsi

“Saya berharap agar rapat dan diskusi ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk membahas permasalahan-permasalahan penerimaan prajurit TNI AL sehingga proses kegiatan penerimaan kedepan menghasilkan calon-calon yang berkualitas sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas,”harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Waaspers Kasal Laksma TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CHRMP., Dirdiklat Kodiklatal, para Kadis terkait, Irdapers Itjenal, para Paban dan Staf Spersal, para Kasubdis Diswatpersal, Kasubdis Litpers Dispamsanal, Kalabpamsisjar Dispamsanal, dan Kasubdis Kesmatla Diskesal, serta undangan lainnya.@wn