Aerasi, Cara Tanggulangi Hama Santomonas

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo mengakui di musim penghujan ini banyak tanaman padi yang terserang hama santomonas.

Serangan hama santomonas terjadi hampir merata di 21 kecamatan di Ponorogo. Namun tingkat seranganya berbeda-beda dari ringan hingga sedang.

Munculnya hama santomonas dipicu oleh curah hujan yang tinggi dan kemungkinan proses dekomponisasi dasi sisa jerami yang belum sempurna sehingga memicu asam asaman pada tanah .

“ Kita sudah melakukan  gerakan di wilayah- wilayah yang terkena santomonas dengan penyemprotan bakterisida. Karena hama ini dipicu curah hujan yang tinggi dan air yang berlebih maka petani diharapkan membuatkan kalenan untuk pembuangan air. Karena kondisi tanah butuh aerasi ,”ungkap Warni Koordinator Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Dispertahankan Kabupaten Ponorogo.

Baca:  Diduga Muat Limbah B3, Tim Gabungan Operasi Cipkon Periksa Dump Truck Milik PT PRIA

Warni menjelaskan Aerasi tanah adalah kelancaran pergerakan atau pertukaran udara di dalam tanah. Didalam tanah yang baik terdapat ruang-ruang (pori) yang seharusnya terisi oleh udara yang disebut sebagai pori makro. Aerasi tanah berkaitan secara langsung dengan porositas tanah, perkembangan akar dan kesuburan tanah.