Simpan Senpi Jenis Pistol Revolver, Kapolres Sampang: Untuk jaga diri

SAMPANG, KANALINDONESIA.COM: Berjalan dengan menundukkan kepala, begitulah dilakukan tersangka bernama Toli Bin Aswan (45) saat digelandang ke Mapolres Sampang. Pria warga Sokobanah, Kabupaten Sampang itu diamankan polisi lantaran memiliki narkoba jenis sabu siap edar.

Kapolres Sampang, AKBP Abdul Hafidz melalui Kasat Resnarkoba Polres Sampang AKP Harjanto Mukti Eko Utomo menyampaikan saat dilakukan penggeledahan di rumah pelaku Toli Bin Aswan, polisi menemukan sepucuk senjata api rakitan.

“Selain narkoba jenis sabu seberat 99,86 gram. Kami juga menemukan senjata api jenis pistol revolver dan 1 butir amunisi di laci lemari hias dalam kamar rumah tersangka. (Ngakunya) senpi itu untuk jaga diri,” ungkap Kapolres AKBP Abdul Hafidz saat merilis kasus ini di Mapolres Sampang, Senin (15/2/2021).

Kasat Resnarkoba, AKP Harjanto Mukti Eko Utomo menjelaskan pelaku Toli berhasil ditangkap oleh tim gabungan dari Satresnarkoba Polres Sampang dibantu Kapolsek Sokobanah AKP Engkos Sarkosi beserta jajaran pada tanggal 13 Februari 2021, sekitar pukul 14.30 WIB.

“Tersangka kami amankan di Jalan Raya Sokobanah Timur, Sampang, saat tersangka mengemudikan mobil,” kata Eko.

Ia menambahkan, pihaknya menggiring tersangka ke kediamannya untuk memberitahukan lokasi penyimpanan senpi yang sebelumnya dikeluhkan oleh warga.

“Senpi itu dulu dia peroleh dari teman satu desanya,” terangnya.

Sementara, saat proses pengeledahan terus berjalan, pihaknya malah menemukan sebuah narkoba jenis sabu di lokasi yang sama dengan Senpi tersebut.

“Sabu yang dimiliki oleh tersangka ini, beda jaringan dengan kasus narkoba barang bukti sabu satu kilo gram kemarin dari Malaysia, kali ini pengirimannya dari jalur darat,” pungkasnya.

Sedangkan Pasal yang disangkakan terhadap pelaku Toli ialah Pasal 1 ayat 1 UU Darurat RI Nomor 12 tahun 1951. Ancaman hukuman kurungan pidana maksimal 20 tahun penjara. Ady