Kasus Pencabulan Oknum Kiai, LPA Jombang Sebut Pentingnya Dibentuk Perda Perlindugan Anak Berbasis Pesantren

Muhammad Solahuddin. Ketua LPA Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Sikapi kasus pencabulan dan persetubuhan yang dilakukan oknum Kiai pimpinan salah satu pondok pesantren di Kecamatan Ngoro, Jombang ketua LPA (Lembaga Perlindungan Anak) Jombang
Mohamad Sholahuddin, sebut perlunya dibentuk Peraturan Daerah (Perda) perlindungan anak dan perempuan berbasis pesantren.

“Kemudian ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan seperti, Kemenag harus melakukan update data pondok pesantren yang tersebar di Jombang. Lalu, Pemkab melalui Diknas juga harus sering sosialisasi tentang perlindungan anak serta bagaimana menciptakan lingkungan ramah anak,” ucapnya saat dihubungi wartawan pada Rabu (17/2/2021).

Info yang ia dapatkan, kasus di Ngoro ini sudah berlangsung selama 3 tahun atau bahkan bisa lebih. Sehingga jumlah korban bisa sangat banyak. Melakukan gerakan aksi bersama pencegahan kekerasan kepada anak secara intensif, masif dan terstruktur dikatakannya merupakan sebagai upaya pencegahan.

Baca:  Jaksa Tuntut 1 Tahun, Terdakwa Sidik Sarjono Ajukan Pledoi

“Kalau perlu membuat Perda perlindungan perempuan dan anak berbasis kelembagaan pendidikan dan/pesantren. Memasukkan kurikulum pendidikan seks sejak pendidikan dini secara proporsional,” ujarnya.

Selain penguatan dalam regulasi, dirinya menyebut penguatan peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungannya juga penting. Sehingga setiap potensi kejahatan dalam bentuk apapun segera terdeteksi dan bisa ditindak lanjuti.

Kasus serupa, masih sering terjadi di Kabupaten Jombang. Beberapa mungkin belum lupa dengan kasus pencabulan oknum kyai di Ploso, Jombang. Potensi penanganan kasus yang berbelit-belit bisa saja terjadi.

“Sebab itu media yang konsisten berperan menjadi pengawas atau kontrol. Sehingga kasus tidak seperti kemarin yang lenyap. Kami sebagai aktifis anak akan terus mendorong kasus ini sampai peradilan,” jelasnya.(GIT)

Baca:  Ketua KPU Jombang Athoillah Positif Covid, Lakukan Isolasi Mandiri