LAPAN Prediksi Jabodetabek Banjir Besar 19 dan 20 Februari

Logo Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Foto: Rudi

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi.wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) akan dilanda banjir besar pada tanggal 19 dan 20 Februari 2021.

Hal itu berdasarkan hasil prediksi Satellite-based Disaster Early Warning System (Sadewa) milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Jabodetabek hujan ekstrem mulai terjadi di kawasan Jakarta sejak pukul 23.00 WIB dengan intensitas yang semakin meningkat. Selain itu jangkauan wilayah yang meluas.

Sehingga Bekasi, Depok, Tangerang, bahkan hingga Karawang akan diguyur hujan deras.

Hal ini sesuai dengan peringatan dini hujan ekstrem yang akan berlangsung pada 18-19 Februari 2021 di Jakarta yang telah dikeluarkan oleh BMKG.

Baca:  Kebal Hukum, Meski Sudah Ada Teguran Front One Inn Syariah Tetap Operasi

Peneliti Sains Atmosfer pada Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN Erma Yulihastin menjelaskan hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB.

“Setelah itu, intensitas akan berkurang terhadap waktu namun hujan dalam skala meso atau luas akan persisten terjadi sepanjang hari hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya tambahnya.” kata Erma Yulihastin dalam siaran persnya, Kamis (18/2/2021). @Rudi