Berkunjung ke PN Ponorogo, Johan Budi Disodori Peningkatan Kasus Perlindungan Anak

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kehadiran anggota komisi III DPR RI Johan Budi Sapto Pribowo di Pengadilan Negeri (PN) Ponorogo disodori peningkatan kasus pecabulan yang  korbannya adalah anak- anak dibawah.

Hal tersebut diungkapkan ketua Pengadilan Negeri (PN) Ponorogo Bawono Effendi kepada Johan Budi Sapto Pribowo, Jumat ( 18/02/2021) lalu.

Peninggatan kasus yang cukup drastis tersebut membuat Pengadilan Negeri Ponorogo prihatin dan berencana membuat kegiatan sosialsiasi terkait perlindungan anak dibawah umur.

“Ya kami kedatangan Pak Johan Budi. Kedatangan ini yang pertama kalinya tapi bukan yang terakhir. Karena nanti akan ada kedatangan- kedatangan berikutnya. Yang pertama ini cuma silaturrahmi  saja sekaligus tugas konstitusional pengawasan karena sekarang duduk di komisi III, “ kata Ketua PN Ponorogo Bawono Effendi.

Baca:  Reses di Kejari Ponorogo, Johan Budi: Hukum Harus Tajam ke Bawah dan ke Atas

Dalam pertemuan pertama ini, cukup menarik karena membahas terkait peningkatan kasus pencabulan anak di bawah umur. Sejak tahun 2020 hingga 2021 peningkatannya cukup drastic, bahkan bisa dibilang parah. Karena dalam satu bulan terakhir Februari ini saja sudah ada 10 kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur yang ditangani Pengdailan Negeri Ponorogo.

“Sebagai masyarakat saya cukup prihatin. Sehingga pemerintah harus turun tangan untuk melakukan pencegahan agar tidak terus meningkat,“terang Bawono effendi

Selain membahas soal peningkatan kasus perlindungan terhadap anak,  Johan Budi dan ketua Pengadilan Negeri Ponorogo Bawono Effendi juga membahas fasilitas apa yang kurang di Pengadilan Negeri Ponorogo.

Ketua PN  Ponorogo menyampaikan bahwa yang kurang saat ini adalah fasilitas mebeler, karena belum mendapatkan jatah dari Mahkamah Agung.

Baca:  Sidang Kasus Penganiayaan Yang Melibatkan Mantan Ketua Panwaslukab Ponorogo Ditunda

Johan Budi Sapto Pribowo mengakui bahwa kedatangannya ke Pengadilan Negeri Ponorogo , Jumat (18/02/2021) dalam rangka reses. Namun karena baru pertama kali datang ke PN Ponorogo maka  untuk sementara silaturrahmi saja dan memperkenalkan diri.

“ Ini kunjungan saya  yang pertama. Saya masih akan datang lagi pada kunjungan berikutnya untuk membahas masalah apa yang ada dan apa yang dibutuhkan oleh Pengadilan Negeri Ponorogo, “ terang Johan Budi  Sapto Pribowo.