Koopsau III Akan Gelar Latihan Survival Tempur Digdaya Yudha 2021di Wilayah Samofa

BIAK, KANALINDONESIA.COM Asisten Operasi Kaskoopsau III Kolonel Pnb Agus Setyawan, S.E. selaku Direktur Latihan pimpin rapat kesiapan Latihan Survival Tempur Koopsau III Digdaya Yudha 2021 yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Maret 2021 di Wilayah Perairan Samofa Kabupaten Biak dan daerah Latihan Yonko 468 Paskhas. Biak, Senin (22/2/21).

Rapat awal kesiapan Latihan ini diikuti oleh seluruh Staf Komando Latihan, Pengawas dan Panitia Latihan, pelatih serta pendukung latihan yang berlangsung di Ruang Rapat Staf Operasi Koopsau III.

Asops Kaskoopsau III dalam penekanannya meminta semua staf komando latihan untuk melaksanakan latihan ini dengan dedikasi tinggi, serta menekankan pentingnya safety, keselamatan individu, materiil dan alutsista, sehingga latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan selamat.

Baca:  Panglima TNI Buka Bazar Ramadhan 1438 H

“Berhubung latihan kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, untuk itu agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, sebelum dan sesudah latihan agar para Survivor dan pelatih melaksanakan Test Swab Antigen,”tegasnya.

Sementara itu Komandan Latihan Letkol Pnb Pandu Adi Subrata mengatakan, bahwa latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan awak pesawat untuk menyelamatkan diri dari upaya penangkapan musuh serta melakukan tindakan penyelamatan saat menghadapi keadaan darurat.

“Selain itu, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional dan performa dalam masa damai maupun masa perang,”paparnya.

Dia menambahkan, bahwa latihan ini sekaligus untuk menguji kemampuan personel dalam merencanakan dan melaksanakan serta mengendalikan mekanisme kegiatan latihan survival tempur dan Egress atau ditching procedure secara tepat guna dan berhasil guna dalam rangka menghadapi kemungkinan kondisi darurat yang diperkirakan akan terjadi.

Baca:  Bareng BRI, Divif 2 Kostrad Bangun RTLH

“Untuk itu, tema latihan yang diusung kali ini adalah “Koopsau III melaksanakan Survival Tempur Digdaya Yudha dan Egress/Ditching procedure tahun 2021 di wilayah Biak Samofa sebagai sarana untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional awak pesawat serta mendukung keberhasilan tugas Koopsau III” ,”ujarnya.

Selanjutnya, masyarakat sekitar Biak dihimbau untuk dapat menyaksikan simulasi atau demo latihan di Pantai Samofa Biak, karena dalam Latihan ini akan digelar simulasi flypass pesawat CN-235 dan Helicopter EC-725 Caracal, serta simulasi membalik perahu dan penyelamatan atau pengangkatan survivor dengan teknik hoist, pungkas Letkol Pnb Pandu. @wn