JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Terdakwa kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rizieq Shihab, hari ini menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan agenda pembacaan putusan, Kamis (27/05/2021).

Sekira pukul 08.35 WIB Rizieq tiba dengan mengendarai mobil tahanan Kejaksaan yang dikawal Patwal Lantas. Di sekitar pengadilan, tampak puluhan aparat telah berjaga. Kawat berduri juga disiapkan di depan pengadilan.

Sementara itu, hingga pukul 09.00 WIB, simpatisan Rizieq tampak sepi di sekitar area pengadilan. Dari pantauan, hanya tampak lima orang simpatisan yang hendak masuk ke pengadilan, namun dihalau oleh aparat.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan mengatakan ada sekitar 3.000 personel kepolisian diterjunkan untuk mengamankan jalannya sidang vonis.

Namun demikian, Erwin mengatakan tidak ada pola pengamanan khusus yang dilakukan pihaknya.

“Sekitar 3000-an (personel diterjunkan untuk pengamanan),” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan saat dikonfirmasi, Rabu (26/5).Dalam perkara kerumunan Petamburan, Jaksa penuntut umum menuntut Rizieq dengan pidana dua tahun penjara dan pencabutan hak untuk bergabung sebagai pengurus organisasi masyarakat.

Ia juga dituntut hukuman penjara 10 bulan dalam kasus kerumunan di Megamendung, Bogor.

Perkara kerumunan di Petamburan dan Megamendung terjadi selang beberapa hari usai Rizieq tiba di Indonesia dari Arab Saudi pada 10 November 2020.

Sumber CNNIndonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here