Rapat Koordinasi teknis TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) Ke-98 TA 2017.

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Dengan tema “Dengan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat kita percepat pembangunan didaerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI”.

Dalam sambutan Aster Kasdam Jaya yang dibacakan oleh Waaster Kasdam Jaya Letkol kav Joko Setiawan sejati menyampaikan bahwa Rakornis TMMD ke-98 ini adalah dalam rangka untuk saling berkoordinasi antar instansi terkait sehingga diharapkan pertemuan hari ini menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi kelancaran program TMMD ke-98 TA. 2017, karena kegiatan ini adalah salah satu bentuk Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNl, POLRI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di wilayah, Jum’at (24/03/2017).

Baca:  Kasdam Jaya/Jayakarta Hadiri HUT Ke-71 TNI Angkatan Udara.

Bertujuan untuk menyamakan visi, misi dan persepsi serta arah kebijakan dalam mewujudkan kesiapan penyelenggaraan program TMMD ke-98 TA. 2017 yang akan datang.

Program TMMD ini direncanakan melalui Sistem Bottom Up Planning yang diawali dari hasil musyawarah, rapat di tingkat kecamatan, dilanjutkan ke tingkat kota sampai ke tingkat DPRD untuk disahkan, kemudian diprogramkan oleh pemerintah berupa TNI Manunggal Membangun Desa.

Kehadiran TNI, Polri serta Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) pada program TNI Manunggal Membangun Desa adalah merupakan program terpadu dari TNI dengan Instansi terkait dalam rangka mensinergikan pembangunan dengan Ketahanan Wilayah.

Pelaksanaan TMMD ini dirasakan sangat penting dan besar sekali manfaatnya yaitu untuk mengakselerasikan pembangunan di wilayah perkotaan, khususnya daerah kantongkantong atau wilayah miskin serta kumuh.
Dihadapkan kepada keterbatasan kemampuan anggaran pemerintah , pelaksanaan TMMD di wilayah Depok dan Tangerang .

Baca:  Setelah Apel Bersama Mayjen TNI Teddy Lhaksmana Menanam Bibit Pohon Sawo Manila

Kegiatan TMMD ini diadakan lomba yaitu Materi lomba yang meliputi; Karya Tulis Jurnalistik tentang kegiatan TMMD ke 98 (artikel, opini, tajuk dan berita untuk media cetak), Tayangan yang dimuat di media televisi dalam bentuk berita atau feature yang berkaitan dengan kegiatan TMMD dan Frekuensi publikasi TMMD hasil karya jurnalis yang dimuat media massa sebanyak-banyaknya.

Kegiatan Lomba yang diselenggarakan oleh PJO TMMD ini dibuka pada acara Rakornis TMMD tingkat Pusat yang bertempat di Gedung Serbaguna Kementerian PUPR RI Kebayoran Baru Jaksel. Penilaian lomba dimulai pada minggu ke-2 bulan Maret s.d awal bulan Mei 2017 dan penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada bulan Juni 2017 saat pelaksanaan Rakornis TMMD ke-99 oleh Kasad.

Baca:  Jaga Keharmonisan Jelang Penutupan TMMD Ke 99

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyampaikan bahwa apabila masih terdapat substansi yang belum jelas berkaitan dengan optimalisasi pencapaian sasaran baik fisik dan non fisik pada TMMD ke-98 TA. 2017 maupun kegiatan Lomba Karya Jurnalistik agar dikoordinasikan dengan baik, sesuai peran, tugas dan fungsi masing-masing,” ujar Waaster Kasdam Jaya Letkol kav Joko Setiawan.

Dari pantauan kanalindonesia.com, acara hari ini dihadiri oleh para Kepala Dinas dan Kantor SKPD Kota Depok dan Kab. Tangerang serta Dandim 0506/tgr, Dandim 0508/Dpk,para pasiter kodim dan para pejabat pemda depok dan tangerang. (ery ns)