Lantik 19 Kepala Daerah Khofifah Gojloki Gus Ipul

SURABAYA. KANALINDONESIA.COM : Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) jadi bintang di acara pelantikan kepala daerah sesi dua di Gedung Negara Grahadi, Jumat (26/2/2021). Ini Karan nama Gus Ipul beberapa kali disebut dan jadi bahan guyonan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan.

Khofifah menyebut Gus Ipul merupakan top mentor bagi bupati dan wali kota di Jawa Timur. Alasannya, pengalaman dan perjuangan Gus Ipul sangat banyak, terutama untuk urusan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Jadi kalau cari mentor, bapak bupati dan wali kota tidak susah-susah. Salah satu yang baru saja dilantik ini adalah top mentor untuk bupati dan wali kota,” kata Khofifah disambut tawa sejumlah kepala daerah.

Baca:  Sudah Pasti Gus Ami Tidak Maju Sebagai Ketum PBNU

Sebutan Khofifah untuk Gus Ipul ini bermula dari penjelasan Khofifah tentang pentingnya pengembangan pariwisata di Jatim. Saat itu Khofifah berpesan agar bupati dan wali kota maksimal mengembangkan potensi pariwisata daerah, dengan menggerakkan seluruh sumber daya, terutama UMKM.

“Untuk penguatan UMKM, sesungguhnya yang lebih detil adalah Gus Ipul. Lihat saja, ininya (tanda kehormatan) lebih banyak dari saja. Itu artinya perjuangannya lebih banyak,” kata Khofifah sambil memegang tanda kehormatan yang menempel di dadanya.

Sambutan Khofifah tentang Gus Ipul itupun langsung jadi perhatian hadirin. Sebab, semua tahu keduanya pernah bersaing di Pemilihan Gubernur Jawa Timur dua tahun lalu. Khofifah menang dan menjadi gubernur hingga saat ini.

Baca:  Peringati HUT RI ke 73, ini Yang Disampaikan Wabup Sumenep

Sedangkan Gus Ipul sempat vakum dari dunia politik, sebelum akhirnya kembali turun gelanggang di Pemilihan Wali Kota Pasuruan dan menang. Hari ini keduanya kembali bertemu. Gus Ipul dilantik Khofifah sebagai Wali Kota Pasuruan.

Diketahui, sebanyak 17 kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 hari ini menjalani pelantikan. Prosesi pelantikan dipimpin langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. Nang