Tingkatkan Profesionalitas, TNI AL Gelar OJT Bagi Perwira Penerangan TNI AL

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM Guna meningkatkan profesionalitas perwira penerangan, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengadakan kegiatan On Job Training (OJT) yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono di Ruang Rapat Dispenal Gedung B-4 Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/3/21).

Kegiatan OJT yang direncanakan berlangsung dua pekan tersebut diikuti enam personel perwira muda profesi penerangan dari alumni Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dimapa PK) Angkatan ke-27A dan alumni Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan ke-50 sesuai dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu membangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional.

Baca:  Kasrem 051/WKT Tinjau Langsung Seluruh TPS Di Wilayah Koramil 52/MTR

Dalam sambutannya, Kadispenal mengatakan, peran dan tugas perwira penerangan ke depan dihadapkan pada tantangan yang semakin berat dan kompleks karena berhadapan dengan perkembangan informasi yang begitu cepat, munculnya berbagai media informasi yang mengedepankan percepatan informasi dan masuknya dunia pada tataran perang informasi, menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dan berwawasan global. Dispenal selaku pembina profesi penerangan TNI Angkatan Laut mempunyai tugas untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia di jajaran penerangan TNI Angkatan Laut diantaranya melalui kegiatan OJT ini.

“Para peserta OJT harus memahami bahwa peperangan yang kita hadapi sekarang ini lebih kepada perang informasi dan kita sebagai insan penerangan menjadi ujung tombak dari peperangan tersebut,”kata Kadispenal.

Baca:  Kostrad Jaga Generasi Muda Bebas Miras di Perbatasan

Sementara itu materi pelajaran OJT meliputi antara lain Dasar-dasar Jurnalistik, Teknik dan Praktek Penulisan Berita, Medsos, Kliping, Media Relations, Door stop, Majalah/Leaflet/Booklet, Banner dan Lembar Penpas. Juga dikenalkan Radio dan JJM TV, teori dan praktek reportase, serta teori dan praktek pengambilan gambar dan editing foto/video.@wn