Niat COD Motor, Pemuda asal Diwek Kena Tipu, Motor Dibawa Kabur

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Niat COD (Cash of Delivery), seorang pemuda asal Diwek M Akbar Maulana (20) asal Desa Cukir, Kecamatan Diwek terima nasib sial usai ditipu calon pembeli. Motor dibawa kabur dengan modus tes sebelum transaksi.

Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (27/2/2021) sekitar pukul 21.50 WIB bertempat di Desa Mojowangi Kecamatan Mojowarno, Jombang. Saat itu, sebelum penipuan terjadi, Akbar sempat memposting sepeda motor miliknya Honda tiger type GL 200 R warna hitam nopol B 6670 SXM di Facebook.

Hal itu dilakukannya, untuk menjual sepeda motornya, dengan menyertakan nomor telponnya. Setelah di posting, pelaku Rendi Yoga Pratama (19) membaca postingan Akbar tersebut di akun facebooknya.

Baca:  Diduga Peras Kades, Dua Oknum LSM Diamankan Polisi

“Kemudian pelaku menghubungi korban dengan cara menghubungi lewat whatshapp hingga akhirnya terjadi tawar menawar motor milik korban tersebut dan sepakat sepeda motor tersebut akan di beli oleh terlpor dengan harga Rp 12 juta dan kemudian sepakat COD,” ucap AKP Yogas, Kapolsek Mojowarno pada Senin (1/3/2021).

COD dilakukan di jalan raya depan RSK Mojowarno, setelah itu korban dan pelaku bertemu. Saat itu pelaku mengajak korban ke tempat kos kartika yang berada di Dusun/Desa Mojowangi Kecamatan Mojowarno, Jombang.

“Kemudian setelah itu pelaku mengatakan kepada korban untuk mencoba sepeda motor milik korban yang rencana akan di beli oleh pelaku, setelah itu pelaku mencoba sepeda motor tersebut dan langsung melarikan diri dengan cara memacu sepeda motor tersebut dengan kencang sekali dan meninggalkan korban di halaman kost kartika tersebut,” jelasnya.

Baca:  Untuk Temukan Pelaku Penggelembungan Surat Suara di TPS Tambar, Panwaslu Terkendala Kewenangan

Usai membawa kabur motor korban, pelaku tidak kembali dan langsung mematikan HP miliknya, kemudian pulang ke rumahnya. Karena ditipu, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Mojowarno guna proses penyelidikan lebih lanjut.

“Setelah pihak Polsek Mojowarno menerima laporan segera melakukan penyelidikan untuk mengetahui identitas pelaku melacak nomer hp pelaku dan kemudian pada hari ini Minggu (28/2) sekitar pukul 04.30 WIB, dilakukan penangkapan dirumah pelaku yang berada di Dusun Mangirejo Desa Wonosalam, Jombang beserta barang bukti sepeda motor milik korban,” bebernya.

Pelaku digelandang ke Mapolsek Mojowarno beserta barang bukti sepeda motor milik korban untuk di lakukan proses penyidikan lebih lanjut. Pelaku kini menanti imbas akibat perbuatannya karena dugaan melakukan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 dan atau 372 KUHP.

Baca:  Todong Karyawan Rumah Sakit dengan Air Soft Gun, Seorang Pria Dicokok Polisi

“Gelar perkara layak utk disidangkan,” pungkas Yogas.(GIT)