Pelayanan Posyandu Kucing Ada Di Lamongan

(Pelayanan Posyandu Kucing Gratis). Foto_Fat

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Posyandu Kucing merupakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan yang dilakukan oleh petugas dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Lamongan dan dokter hewan praktek di kabupaten Lamongan yg bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan kesayangan terutama pada kucing milik warga.

Berbagai pelayanan kesehatan hewan dapat diikuti oleh kelompok masyarakat tanpa dipungut biaya alias gratis. Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan hewan secara menyeluruh, penanganan penyakit ektoparasit dan endoparasit, pemberian vitamin, dan pelayanan kesehatan hewan lainnya.

(Kegiatan Pelayanan Posyandu). Foto_Fat

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada satu tempat dan direncanakan ditempat lain di beberapa wilayah di kota Lamongan. Kegiatan yg baru pertama kali ini dilakukan di perumahan yg banyak populasi kucing yang di miliki oleh warga dan lokasinya saling berdekatan. Selain itu untuk memudahkan teknis pelaksanaan kegiatan di tengah wabah pandemi covid 19. Jika ada kucing yang lepas harapannya bisa kembali pulang kerumah pemiliknya. seperti yang diutarakan Tri Laksono ketua RT di Demangan Regency Lamongan.

Baca:  Nur Arifin Resmi Umumkan PDIP Tak Mencalonkan Wabup Trenggalek Sisa Masa Jabatan

Tujuan posyandu kucing ini adalah sebagai media untuk edukasi ke masyarakat untuk lebih awal mengetahui penyakit pada kucing, membangkitkan rasa memiliki sehingga kucing dipelihara dengan baik dan benar, serta mendekatkan diri antara petugas dinas dengan masyarakat pemilik / pecinta kucing sehingga apabila terjadi permasalahan tentang kesehatan kucing bisa segera melapor dan supaya lebih cepat penangananya.

Penggagas kegiatan ini H. Katam mengungkapkan Posyandu kucing sebagai upaya pengamatan penyakit hewan menular dan zoonosis karena 60-70% penyakit zoonosis berasal dari hewan yang sehari hari berada disekitar kita. Diharapkan dengan posyandu kucing ini bisa untuk meningkatkan status kesehatan hewan kesayangan sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit zoonosis pada masyarakat

Baca:  Perumahan Elit Bertaraf Nasional Bani Residence, Hadir di Kota Gerbang Salam Pamekasan

“Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan peliharaan (kucing) kita sejumlah 47 pasien dari 18 pemilik, Alhamdulillah dinyatakan tidak terdapat penyakit yang membahayakan, hanya penyakit umum yang gampang penyembuhan dan pengobatannya” pungkasnya.

Jurnalis : Fatta
Kabiro : Ferry Mosses