Mengenang Kiai Dubes Sahabat Gus Dur, KH Abdul Adhim Dimyati Wafat Kamis 04 Maret 2021

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, KH Abdul Adhim Dimyati meninggal dunia. Sosok Alm KH Abdul Adhim Dimyati Ketua DPD IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Jombang merupakan sosok kiai kharismatik dan nyentrik.

Banyak kesan dan kenangan tentang Kiai berjuluk Dubes (dukun besar) tersebut. Pengasuh KBIH Thoriqul Jannah dan Pondok Pesantren Al Adhim ini meninggal dunia pada Kamis (04/03/2021) pagi, sekitar pukul 07.45 WIB di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Hal itu di ceritakan, Muhammad Ibnu Al Farabi, salah satu keponakan KH Abdul Adhim mengatakan bahwa beliau sosok paman yang sangat mengayomi keluarga dan dikenal banyak orang. Beliau sangat religius dan nasionalis.

Baca:  Bekuk 4 Pengedar Pil Ingusan di Jombang, Polisi Amankan Ribuan Butir Pil Dobel L

Insyaalloh, beliau Pak Lek Dul Adhim khusnul khotimah,” tutur Farabi.

KH Abdul Adhim dikenal oleh banyak kalangan baik Tokoh lokal maupun regional. Semasa hidup sosok Kiai Adhim dikenal dekat dengan Presiden RI ke IV KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Seringkali Gus Dur berkunjung ke rumah Kiai Adhim di jalan Pakubowono Mojongapit.

Semasa hidup, beliau tak segan dalam membantu banyak orang. Kiai Adhim dijulukin oleh Gus Dur, Kiai Dubes, beliau cerita begitu. Karena Kiai Adhim memang banyak tamunya dan dikenal sebagai sosok Kiai paranormal spiritual,” kenang Keponakan Kiai Adhim yang juga Wakil Sekretaris GP Ansor Jombang.

Kenangan bersama Kiai Adhim juga diceritakan, salah satu wartawan TV One, Umar Sanusi mengungkapkan bahwa Kiai Adhim merupakan tokoh yang bisa merangkul semua golongan dan sangat dermawan juga humoris.

Baca:  Lomba TTG, Munculkan Ide dan Inovasi Baru Untuk Masyarakat

Beliau sangat dermawan, dan bisa merangkul semua golongan,” kata Umar Sanusi.

Sementara Bupati Jombang, Ibu Nyai Hj Mundjidah Wahab menyampaikan turut berduka atas kepergian KH Abdul Adhim Dimyati. Beliau merupakan tokoh dan sosok yang baik juga dikenal oleh semua elemen masyarakat.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, semoga Khusnul Khotimah,” ucap Bupati Mundjidah, Putri KH Wahab Chasbulloh Pahlawan Nasional Tokoh Pendiri dan Penggerak Nahdlatul Ulama.

Diketahui KH Abdul Adhim lahir di Jombang, pada tanggal 28 Maret 1953. Kiai Adhim dibesarkan di Mojosantren, Krian dan juga di Desa Tengaran, Peterongan. Lahir dari keluarga Bangsawan dibidang pertanian dan dakwah.

Kiai Adhim merupakan salah kerabat dari garis nasab Bani Baka (Mbah Baka) Arjosari, Pasuruan. Jenazah almarhum KH Abdul Adhim Dimyati dimakamkan di pesarean keluarga yang berada di Pondok Al Adhim, Mojongapit, Jombang.(GIT)

Baca:  BERKAS Bersama Siswa PAUD Kecamatan Karangbinangun Lamongan Peduli Korban Gempa Sulawesi Tengah