Ketua DPRD Jatim Buka. Rahasia Cara jitu Rakyat Mendapat berkah APBD untuk kebutuhan Lingkungannya.

SIDOARJO KANALINODNESIA.COM : Ketua DPRD Jatim Kusnadi tidak ingin masyarakat kebingungan kemana dan bagaimana caranya agar harapannya atas aspirasi yang muncul bisa terwujud menggunakan dana APBD.

Untuk itu politisi 4 periode sebagai wakil rakyat Jatim dapil Sidoarjo ini membuka rahasia pintu mana yang bisa di tembus untuk dana APBD bisa mengalir ke desanya.
Bak membuka sebuah rahasia mendapatkan harta karun, Kusnadi lantas menyebut 4 pintu dimana dana rakyat ini bisa dideteksi.

“Yang pertama adalah dana desa yang dibahas dalam APBDes. Ini dana yang biasanya dirembug dengan BPD – Badan Permusyawaratan Desa. Disini anda bisa mengajukan kegiatan yang ada kaitannya dengan kebutuhan lingkungan di desa,” kata Kusnadi dihadapan warga desa Sukodono Sidoarjo saat menggelar reses 1 tahun 2021,Kamis (4/3/2021) di Dusun Prumpon desa Suruh Sukodono dan RT02 RW 04 Desa Sawotratap Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.

Baca:  Tunggakan BPJS Gunakan APBD, Hanya Akan Mempersulit Daerah

Kusnadi meneruskan Jika belum masuk ajukan lewat musrenbang yang akan diajukan mulai dari desa sampai ke tingkat kabupaten, “Cara kedua ya lewat musrenbang diajukan mulai desa ke Kecamatan nanti dibawa sampai kabupaten. Jadi kalau ada program di desa yang tidak tercover melalui anggaran pusat di dana desa, ini bisa diajukan lewat dana Kabupaten melalui mudeng,” ungkap Pria yang juga Ketua DPD PDIP Jatim ini.

Masih belum nyantol juga, kata Kusnadi maka coba lihat ke Dinas, karena di OPD ini ada kegiatan pembangunan yang jadi tugas OPD, “Jadi memang ada kegiatan pembangunan yang menjadi tugas dan tanggung jawab dinas (OPD). Misal pembangunan jalan di desa yang memang jadi program dinas yang tidak ada di Musrenbang. makanya kepala kepala desa bisa sambang ke dinas, silaturahmi lah coba lobi lobi biar jalan atau pembangunan di desa jenengan ini bisa masuk kegiatan di Dinas tersebut,” tambahnya.

Baca:  Sri Subiati Gembira Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim Kompak Dan All Out Jalankan Mesin Partai Saat Pilkada Serentak

Yang ke empat atau terakhir, kata Kusnadi bisa mengajukan lewat reses yang dilakukan oleh Dewan, “Maka masa reses dewan ini dimanfaatkan untuk mengajukan kebutuhan di desa jenengan. Hubungi dan undang ke desa jenengan agar bisa nitip program. Gak papa gak harus satu orang. Bisa juga yang lain. Yang penting silaturahmi saya dan jenengan tetap baik,” kata Kusandi berseloroh.

Kusnadi mengaku selalu berusaha agar yang dilakukan masyarakat selalu bisa direalisasikan, “Misal permintaan perbaikan jalan di desa Suruh ini, juga harapan adanya SMA di Sukodono ini. Yang penting pastikan tanahnya sudah siap, dimana, kepemilikan juga jelas. Saya akan perjuangkan harapan ini,” kata Kusnadi.

Baca:  Putus Mata Rantai Covid 19, Pemkab Sumenep cegat Kendaraan Luar madura

Dalam reses ini Kusnadi disambati soal SMA Sukodono yang sangat diharapkan masyarakat, pusat posyandu, serta perbaikan jalan, “Kami sangat berharap perbaikan jalan karena bolong bolong dan sudah banyak korban yang diakibatkan jatuh karena jalan rusak. Padahal ini jalan utama warga menuju Surabaya dan daerah sekitar,” keluh warga yang hadir. Nang