Wujudkan Desa Partisipasif dan Mandiri Pemdes Wringinanom Bentuk Pengurus Bumdes Baru

GRESIK, KANALINDONESIA.COM: Untuk mewujudkan desa mandiri, partisipasif dan maju, Pemerintah Desa Wringinanom, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, menggelar rapat pembentukan pengurus baru di tiga sektor lembaga desa.

Pembentukan struktur pengurus lembaga baru tersebut, berdasar dari vacumnya dari masing-masing sektor lembaga yang tidak optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Beberapa pekan, sebelum implementasi rapat pada Jum’at (6/3/2021) pukul 20.00, Kepala Desa Wringinanom H.Yoko melihat stagnannya lembaga tersebut. Mestinya lembaga tersebut adalah ujung tombak desa untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Sesuai intruksi Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Dana Desa (DD) yang ada, kita akan maksimalkan penggunaannya dengan perencanaan yang matang, agar tujuan kita bisa terwujud untuk membangun desa yang maju, mandiri dan partisipasif,” paparnya di hadapan peserta rapat.

Baca:  Pos Pengungsian Korban Banjir Terendam, BPBD Dirikan Tenda Darurat di RTH

“Kami akan motivasi struktur kepengurusan yang baru, untuk mencapai puncak maksimal dari masing-masing lembaga, dengan mengoptimalkan tugas dan pokok fungsi lembaga desa tersebut, yang nantinya akan banyak menyerap tenaga kerja di desa kita, dan mensejahterakan warga,” sambungnya.

Kedepan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) kini telah menjadi unit usaha berbadan hukum menyusul telah disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja beberapa waktu lalu. Status ini akan mempermudah BUMDes dalam membangun kemitraan dengan pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun swasta.

“Pelahan, BUMdes kita sudah membangun kemitraan di perusahaan yang berdomisili di desa kita, akan kita kembangkan ke sektor yang lain,” tuturnya.

Sedangkan dari tiga lembaga desa yang di bentuk kepengurusannya adalah, BUMdes, KP – Spams, dan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN).

Baca:  Eks Lahan Sirtu Disulap Jadi Sport Centre

Dari hasil pelaksanaan rapat beberapa pengurus baru dari BUMdes yakni untuk penasehat di duduki oleh Kepala Desa Wringinanom H. Yoko, Direktur H. Sumarlin, Sekretaris Ninik, Bendahara Yuli Sagita, dan Pengawas di duduki oleh tiga orang yakni Jumali, Dian Permana Putri, Amilian Amarna Wahyudi

Untuk Kelompok Pengelola Sarana Prasarana Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) memiliki arti penting dan strategis dalam program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) KPSPAMS disebut sebagai ujung tombak pengelolaan sarana prasarana air minum dan sanitasi.

Pengurusnya adalah Eko Wahyudi, Iswanto, Ega ifarianti, Edi Purnomo, Ridwan, Cicik Trisnawati, Oktafian Bhima.

Selanjutnya untuk pembentukan pengurus baru Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN), Ketua Andri akhir dianata, Ivan Eriyanto, Ella Febriana, Muhammad Huda, Aris Palevi.

Baca:  Ribuan Tumpeng Dalam Grebeg Surowiti