Tekan Kenakalan Remaja, Kanit Binmas Polsek Karanggeneng Jadi Pembina Upacara di Sekolah

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Upacara bendera di lingkungan SMP Wahid Hasyim Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan kali ini berbeda dengan biasanya, karena pembina upacara dipimpin langsung oleh seorang polisi dari Polsek Karanggeneng, Lamongan, Sabtu (6/3/2021). Semula, rencananya Kapolsek langsung yang akan memberikan pembinaan, akan tetapi diwakilkan pada Kanit Binmas Polsek Karanggeng, Aipda Herwanto.

Dalam sambutannya, Aipda Herwanto menyoroti tentang kenakalan remaja merupakan masalah sosial yang menjadi buah bibir di banyak kalangan masyarakat, khususnya para orang tua yang acap kali di landa rasa khawatir terhadap perkembangan sang anak. Kenakalan remaja adalah tindakan atau perilaku menyimpang dari norma yang dilakukan oleh anak-anak remaja atau anak yang sedang berada di masa transisi dari masa anak-anak menuju ke masa dewasa.

Baca:  Kopiah Gresik

“Remaja yang sedang berada dimasa akil balik begitu labil dan sulit untuk mengendalikan emosi yang ada pada dirinya, sehingga membuat mereka mengambil tindakan tanpa memikirkannya terlebih dahulu,” kata Herwanto.

Lebih lanjut Hermanto menambahkan, pendidikan juga sangat diperlukan demi menunjang kebutuhan pengetahuan remaja. Informasi mengenai dunia pergaulan yang lebih menyampaikan sebab-akibat dari kesalahan dalam pergaulan bisa menjadi solusi yang cukup efektif. Terakhir dan terpenting adalah datang dari dalam diri remaja itu sendiri. Para remaja harus mempunyai suatu komitmen dalam diri agar tidak mudah terpengaruh oleh pergaulan bebas yang bisa menjerumuskan ke hal yang fatal.

“Remaja harus selektif dan dapat menempatkan diri dalam bergaul serta menanamkan sikap waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi apabila salah mengambil langkah dalam memilih pergaulan,” terang Herwanto.

Baca:  Kampung Tangguh Semeru Jatim Bermasker Resmi Dilounching Bupati Pamekasan Bersama Kapolres dan Dandim/0826

Ditemui Kanalindonesia.com seusai upacara, Aipda Herwanto menyampaikan terima kasih kepada SMP Wahid Hasyim Sumberwudi yang telah memberikan kesempatan untuk bisa menjadi Pembina upacara dan menyampaikan pesan-pesan kepada pelajar yang juga termasuk remaja tersebut.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Wahid Hasyim Sumberwudi, Haris Amin memberikan apresiasi terhadap jajaran Kepolisian khususnya Polsek Karanggeneng yang bersedia menjadi pembina upacara yang diselenggarakan tiap Hari Senin tersebut. Untuk selanjutnya, setelah dari unsur Kepolisian menjadi Pembina upacara, dia mengharapkan dari jajaran institusi pemerintah yang lain bisa memberikan pengarahan kepada anak didiknya.

“Saya berharap tidak hanya dari unsur Kepolisian saja yang menjadi Pembina upacara, tetapi dari unsur lainnya, seperti TNI, tenaga kesehatan atau mungkin dari pemerintah kecamatan,” pungkas Haris.(omdik/fer)

Baca:  Demokrat Daftarkan Calon Legislatif