Dongkrak UMKM di Ponorogo, Wabup Lisdyarita Sambangi Pelatihan Kerajinan Anyaman Tas

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan menumbuhkan perekonomian di Ponorogo, Wakil Bupati Lisdyarita menyambangi pelatihan pembuatan kerajinan tas anyaman yang digelar di UPTD Sentra Industri yang berada di Jalan Trunojoyo, Jumat (19/03/2021).

Kedatangan Bunda Rita (sapaan akrab untuk Wabup Lisdyarita) tersebut disambut hangat para peserta, dikarenakan mampu memberikan suntikan semangat kepada 40 orang peserta pelatihan yang kesemuanya wanita.

“Dalam pelatihan ini sebenarnya targetnya hanya 25 orang, namun peserta membengkak hingga 40 orang,”ucap Mustakim salah satu panitia penyelenggara yang juga pengurus paguyuban UMKM Ponorogo.

Mustakim menjelaskan, bahwasanya pelatihan ini gratis dan dilaksanakan rutin setiap hari jumat.

Baca:  Kapolres Ponorogo Kunjungi Proyek Waduk Bendo

“Ini sebagai upaya untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian ditengah pandemi covid 19 ini,”tegasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lisdyarita sempat terkagum-kagum dengan karya para peserta pelatihan, walau dari bahan yang sederhana, Wabup tak mengira jika hasilnya bisa sangat bagus dan cantik. “Bagus ya, cantik,”ucapnya.

“Kebetulan kami mendapat undangan untuk melihat para pengrajin di sentra industry ini, karena dimasa pandemic ini yang tidak terlalu banyak terdampak pandemic ini salah satunya yaitu UMKM. Jadi saya langsung dating ke sini untuk menyemangati,”ucap Wabup Ponorogo Lisdyarita.

Dikatakan Bunda Rita, ke depan pihaknya berharap bisa menambahkan lagi kegiatan lain, tidak hanya kerajinan tas anyaman saja sehingga nantinya bertambah kegiatanya,”tutur Bunda Rita.

Baca:  Pamit ke Sawah, Warga Semanding Ponorogo Ditemukan Meninggal di Galian Sumur Pompa Air

Dengan hasil tersebut, Lisdyarita berjanji akan membantu pemasaranya sehingga bisa membantu untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Ponorogo.

Tak hanya melihat dan berbincang-bincang dengan para pengrajin, Wabup Lisdyarita juga menyempatkan diri untuk mencoba menganyam tas yang berbahan dari plastik.

Usai itu, Wabup melanjutkan kunjungan di sentra industri batik yang masih berada di lingkungan sentra industri tersebut.(KI-01)