Dukung Pulihkan Sektor Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19, Polres Sampang Gandeng UMKM Kabupaten Sampang

SAMPANG, KANALINDONESIA.COM: Upaya untuk mengembalikan pulihkan sektor ekonomi yang sempat melemah akibat terkena dampak pandemi Covid-19 terus dilakukan Polres Sampang.

Menyikapi hal itu, Polres Sampang kini menggandeng UMKM Kabupaten Sampang. Yakni dengan mendirikan gedung dan retail modern Primer Koperasi Polres Sampang yang diberi nama Wira Asta Brata Mart berada di Jalan Jamaludin Sampang, tepatnya di depan asrama polisi Perintis Polres Sampang.

Koperasi yang dimiliki Polres Sampang sebenarnya sudah lama berdiri untuk menyesejahterakan anggota Polri dan ASN Polri Polres Sampang dengan menyediakan kebutuhan sembako sampai simpan pinjam.

Dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa Pandemi Covid-19, AKBP Abdul Hafidz memberikan terobosan positif terhadap kemajuan ekonomi khususnya di Kabupaten Sampang dengan menggandeng UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) se Kabupaten Sampang untuk memasukkan produknya dan menjual produknya di Primkoppol Sampang yang sekaligus akan dijadikan pusat oleh-oleh UMKM khas Sampang.

Gedung baru Retail Modern Primkopol Sampang diresmikan Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, Jum’at (26/3/2021). Dalam peresmian tersebut juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Sampang dan puluhan UMKM dari 14 Kecamatan se Kabupaten Sampang.

Sebelum acara dimulai, Forkopimda Sampang melihat produk-produk unggulan UMKM se Kabupaten Sampang. Forkopimda Sampang bahkan terlihat menikmati produk-produk makanan dan minuman tradisional yang sudah disiapkan oleh pemilik produk yang akan dijual di retail modern Primkopol Sampang.

Dalam Sambutannya AKBP Abdul Hafidz mengatakan koperasi merupakan usaha bersama guna memperbaiki atau meningkatkan kehidupan dan taraf ekonomi yang berlandaskan azaz tolong menolong.

Kapolres Sampang juga menyampaikan bahwa dalam perkembangan era digital seperti sekarang ini, sistim ekonomi yang berkembang di masyarakat mengalami perubahan dan ekonomi digital semakin disenangi seiring perkembangan era revolusi industri 4.0 bahkan ekonomi digital telah menjadi prime mover (Penggerak) ekonomi nasional

“Selaras dengan hal tersebut, Polres Sampang tidak ingin ketinggalan dengan bertransformasi mengembangkan primer koperasi Kepolisian (Primkoppol) menjadi retail modern dengan pengembangan bangunan, peningkatkan SDM dan penerapan tehnologi digital,” lanjut Kapolres Sampang di depan Forkopimda Sampang dan puluhan pemilik UMKM se Kabupaten Sampang.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat memberikan sambutan sangat mengapresiasi didirikannya gedung dan retail modern Primer Koperasi Polres Sampang Wira Asta Brata Mart dan juga mengatakan bahwa koperasi merupakan soko guru perekonomian Indonesia.

“Kami mengapresiasi dengan dibukanya retail modern Primkoppol Polres Sampang yang sudah mengakomodir para UMKM Kabupaten Sampang tentunya inilah adalah contoh bagaimana kita meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sampang,” kata H. Slamet Junaidi.

Bahkan sebagai dukungannya terhadap ritail modern Primkoppol Polres Sampang, Bupati Sampang siap bekerja sama dengan Polres Sampang sekaligus akan mewajibkan jajarannya untuk membeli produk-produk UMKM yang sudah tersedia di koperasi modern milik Polres Sampang tersebut demi memajukan perekonomian di Kabupaten Sampang.

Setelah acara sambutan tersebut, Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, menandatangani prasasti peresmian gedung dan retail modern Primer Koperasi Polres Sampang Wira Asta Brata Mart didampingi Forkopimda Kabupaten Sampang dilanjutkan pengguntingan pita sebagai tanda mulai dibukanya retail modern Primkoppol Sampang oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Saat menemui beberapa awak media yang meliput peresmian gedung dan retail modern Primkoppol Polres Sampang, AKBP Abdul Hafidz, mengatakan bahwa tujuan didirikan gedung tersebut adalah upaya meningkatkan kesejahteraan personil Polres Sampang sesuai program prioritas Kapolri.

“Primkoppol Sampang akan melakukan ekspansi tujuan awal koperasi yang awalnya hanya menyejahterakan anggota Polres Sampang, sekarang ini akan ikut serta mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sampang dengan bekerja sama dengan UMKM di Kabupaten Sampang,” ujar AKBP Abdul Hafidz.

Kapolres Sampang juga menjelaskan sudah menyiapkan tempat untuk UMKM sekaligus akan memperkenalkan dan memasarkan produk UMKM khas kota Bahari Sampang agar dikenal masyarakat dari luar Sampang.

“Kita akan mengenalkan, mengintegrasikan, sekaligus memasarkan produk-produk unggulan yang khas Sampang, sehingga produk tersebut semakin dikenal masyarakat khususnya di Kabupaten Sampang dan kedepannya saya berharap produk-produk tersebut menjadi produk unggulan Kabupaten Sampang bisa diterima oleh masyarakat jawa timur sampai tingkat nasional sehingga bisa mengangkat taraf kesejahteraan para pelaku industri UMKM sekaligus perekonomian di Kabupaten Sampang sesuai slogan Sampang Hebat Bermartabat,” pungkasnya. Ady