Kajari Bangkalan Resmikan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Mempertahankan WBK Menuju WBBM

BANGKALAN, KANALINDONESIA.COM: Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bangkalan resmikan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan Mempertahankan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Acara digelar dihalaman kantor Kejari Bangkalan, diawali dengan Penandatanganan Komitmen Bersama mulai dari Kajari, seluruh Jaksa dan Jajaran. Dilanjutkan dengan Penanda tanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas oleh Kajari, Bupati Bangkalan, Ketua DPRD Bangkalan dan seluruh anggota Forkopimda Bangkalan, Rabu, 7 April 2021.

Kajari Bangkalan, Candra Saptaji dalam sambutanya mengatakan bahwa WBK menuju WBBM dalam keberhasilan pembangunan. Sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi. Dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya.

Untuk kita ketahui bersama, zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mempertahankan WBK menuju WBBM melalui reformasi birokrasi. Khususnya dalam pencanangan, pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Menjadi perhatian kita bersama bahwa pencanangan pembangunan zona integritas adalah langkah awal dan bagian dari mensukseskan reformasi birokrasi dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik efektif, efisien, pelayanan prima dan memuaskan.

Baca:  Redam Isu Santet, Polsek Geger Bangkalan Rangkul Tomas dan Toga

Pencanangan ini juga merupakan salah satu syarat dari penilaian mandiri reformasi birokrasi yang diingatkan oleh Menpan.RB. dalam membangun integritas salah satu tahapan nya adalah melakukan pencanangan zona integritas yang merupakan bentuk pernyataan

“Kejaksaan Negeri Bangkalan siap menyandang predikat zona integritas dan setelah bencana alam ini harus menyiapkan rencana aksi yang konkrit sesuai peraturan Mempan RB tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM
di lingkungan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah,” ujar Candra.

Lebih lanjut Candra menegaskan pencanangan pembangunan zona integritas ini merupakan upaya penting kita bersama. Karena mencerminkan tekad dan komitmen kita bersama untuk menjadikan Kejaksaan Negeri Bangkalan menjadi zona yang berintegritas sebagai WBK dan WBBM. Oleh karena itu saya mengajak kepada semua pihak untuk memberikan dukungan dan bersih dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan pembangunan zona integritas mempertahankan WBK dan WBBM.

Baca:  Kurang Dari 12 Jam Pelaku Pembunuhan Sadis, Berhasil Diungkap Polres Bangkalan

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pencanangan pembangunan zona integritas Kejaksaan Negeri Bangkalan mempertahankan WBK menuju WBBM secara resmi saya buka,” papar Candra.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, Raden Abdul Latif Amin Imron mengatakan atas nama pribadi dan atas nama pemerintah Kabupaten Bangkalan mengucapkan selamat diselenggarakannya revitalisasi Pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan Kejari Bangkalan. Merupakan hal yang penting serta menjadi semangat bersama untuk mewujudkan kelembagaan Kejaksaan Negeri Bangkalan semakin profesional berintegritas bekerja keras berkomitmen dan bekerja hingga mampu menjadi pilar reformasi birokrasi yang saat ini menjadi tuntunan publik.

Pembentukan zona integritas menuju WBK dan WBBM yang merupakan program Kementerian PAN – RB terswbut. Memiliki tujuan untuk mengajak seluruh badan atau lembaga pemberi layanan publik untuk turut serta menciptakan kepercayaan publik yang tinggi dengan kinerja bersih dan terbebas dari KKN. Karena itu pembentukan zona integritas menjadi indikator penting bagi tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan yakni pengembangan lembaga pemerintahan yang efektif akuntabel dan transparan pada semua tingkatan. Membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Baca:  Kapolres Ponorogo Pimpin Patroli Skala Besar dan Ops Yustisi Pencegahan COVID-19

Oleh sebab itu, semua pihak mulai dari pimpinan sampai bawahan harus mempunyai komitmen yang kuat mempunyai pola pikir dan budaya kerja yang sama sehingga keberhasilan membangun zona integritas ini dapat dicapai yakni tujuannya pemerintahan yang bersih, bebas KKN dan terwujud peningkatan kualitas pelayanan publik dengan dicanangkannya zona integritas di lingkungan Kejaksaan Negeri Bangkalan.

“Kami yakin Kejaksaan Bangkalan akan tumbuh menjadi lembaga yang profesional dan akuntabel sehingga nantinya mampu memberikan pelayanan yang prima dan berkualitas bagi masyarakat Bangkalan,” pungkasnya. (sumaryanto.kanalindonesia.com)