Giat Penanganan Banjir Bandang, Kepala BNPB Tinjau Lokasi Terdampak

KEPULAUAN ALOR, KANALINDONESIA.COM: Cuaca ekstrem Badai Siklon Tropis Seroja menyebabkan sejumlah titik di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami banjir bandang dan tanah longsor. Daerah yang memiliki dampak cukup besar yaitu Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata dan Kabupaten Alor.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jendral TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo tiba di bandar udara Malibi, Alor pada Rabu (7/4). Doni beserta rombongan melakukan peninjauan lokasi banjir bandang di wilayah Kabupaten Alor.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun per Selasa (6/4), pukul 21.00 WITA, BNPB mencatat jumlah korban jiwa meninggal dunia (MD) 21 orang dan korban hilang sebanyak 20 orang di wilayah Kabupaten Alor.

Baca:  Presiden Joko Widodo: Negara dan Agama Harus Berjalan Beriringan

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bupati Alor juga turut dalam rombongan untuk melakukan peninjauan di lokasi terdampak. Selain meninjau dapur umum, doni juga sempat mengunjungi Desa Wainaka. Diketahui dari hasil peninjauan, terdapat satu perangkat daerah setempat yang memiliki kesiapsiagaan bencana. Dimana sebanyak 41 warga selamat dari bencana banjir bandang karena kegigihannya dalam memberikan pemberitahuan kepada warga lain untuk segera bangun dan melakukan evakuasi.