Wabup Lisdyarita Apresiasi KKN Unmer Dampingi Desa Belang Dimasa Pandemi

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita mengapresiasi atas pelaksanaan KKN Universitas Merdeka Ponorogo di Tahun 2021 pada masa pandemik Covid 19 di Desa Belang, Kecamatan Bungkal yang didesign sedemikian rupa sehingga tetap berlangsung dengan protokol kesehatan.

Dalam acara tersebut, Wabup Lisdyarita sengaja menyempatkan untuk bisa menghadiri pemaparan guna memberikan dukungan semangat kepada peserta KKN.

“Kita datang untuk memberikan support kepada adik adik Mahasiswa Unmer yang saat ini sedang menjalani KKn dalam pengabdian di Masyarakat Desa Belang. Karena disinilah mereka bisa memulai karya nyata kepada masyarakat. Pemberian bantuan bibit tanaman buah sangat bagus, karena ini mempunyai nilai ekonomis dan produktif bagi warga desa,”ucapnya.

Baca:  Inilah Pesan Bupati Ipong di Peringatan HUT Koperasi ke 72

Diketahui, program-program yang dijalankan  mahasiswa Unmer Ponorogo adalah sesuai dengan tema yang diusung, yakni, “Pendampingan Masyarakat Desa Belang, Bungkal, Kabupaten Ponorogo menjadi Desa Tangguh di Masa Pandemic Covid 19”.

Peserta KKN selain memberikan sosialisasi 5 M melalui spanduk dan brosur kepada masyarakat juga memberikan video konten inspirasi bidang keagamaan dan pendidikan via youtube, membagikan masker dan handsanitizer 60ml kepada masyarakat Desa Belang serta digelar pula edukasi untuk tetap menjaga Imun dengan makanan bergizi dengan membagikan telor rebus dan paket sembako.

Sementara itu untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mejaga ketahanan pangan jangka menengah atau panjang para mahasiswa juga membagikan kurang lebih 1550 bibit tanaman buah yang terdiri dari bibit apokat, nangka, jambu mete, sirsat, jambu biji merah, duren, jeruk pamelo (Bali), jeruk keprok, ketapang.

Baca:  Diterjang Longsor, Satu Rumah Warga Ponorogo Rusak Berat

Ketua Panitia KK, Tutik Heriana, SE.MM menegaskan,  KKN selama di desa diadakan pembagian kelompok dan tidak tinggal di desa.

“Semua persiapan dari kampus atau dari rumah, agar program tercapai dan lebih efisiens serta menghindari kerumunan,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Unmer Ponorogo, Drs. H. Imam Fauzan, MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak desa Belang yang telah menerima mahasiswa KKN untuk mengabdi dan mendarmabaktikan ilmunya.

“Mahasiswa bisa belajar banyak hal di dunia kehidupan yang sebenarnya bukan sekedar  teori,” ujarnya.

Kepala Desa Belang, Waluyo dengan adanya KKN Unmer Ponorogo pihaknya merasa senang dan sangat membantu, “Semoga semua pengabdiannya memberikan keberkahan,” pungkasnya.