Mutasi Jabatan, Supriyo dilantik dan diambil Sumpahnya Menjadi Sekretaris Desa Sugihwaras

Kepala Desa Sugihwaras, Siaji membimbing Supriyo dalam pengambilan sumpah/janji sebagai sekretaris desa. foto: omdik_Kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Kepala Desa (Kades) Sugihwaras, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Kamis (8/4/2021) secara resmi melantik Supriyo menjadi Sekretaris Desa (Sekdes) Sugihwaras di pendopo kantor desa setempat. Supriyo yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kaur Umum, hari ini secara resmi menepati posisi yang baru menjadi Sekretaris Desa Sugihwaras.

Sekretaris desa atau yang sering disingkat dengan Sekdes adalah Jabatan Sekretaris pada Pemerintah Desa. Sekretaris desa merupakan unsur staf pemerintah Desa yang dipimpin oleh seorang sekretaris desa yang berada dibawah dan tanggungjawab kepada Kepala Desa (Kades). Sekretaris Desa (Sekdes) mempunyai tugas membantu Kepala Desa (Kades) dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tatalaksana serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat desa dan masyarakat Desa yang bersangkutan.

Baca:  Atasi Problem PTPN IX, Ditjen PSP Kementan Gencar Kampanye Anti Alih Fungsi Lahan
Supriyo menandatangani lembar berita acara pengambilan sumpah/janji pelantikannya di depan kepala desa, ketua BPD Sugihwaras dan Camat Kalitengah. foto: omdik_Kanalindonesia.com

Siaji, Kepala Desa Sugihwaras dalam sambutannya mengatakan, mutasi jabatan ini dilakukan dikarenakan sudah cukup lama terjadi kekosongan sekretaris desa sejak pejabat yang lama ditarik oleh pemerintah kabupaten karena statusnya sebagai ASN.

“Untuk itulah hari ini saya melantik dan mengambil sumpah jabatan saudara Supriyo, yang sebelumnya di posisi Kaur Umum untuk menggantikan kekosongan tersebut, agar jalannya roda organisasi Pemerintahan Desa Sugihwaras bisa berjalan lebih efektif dan maksimal,” terang Siaji.

Lebih lanjut Siaji menambahkan, Pemerintah Desa Sugihwaras dengan adanya mutasi perangkat desa yang baru ini bisa menjalankan tugas dan pengabdiannya untuk pemerintah desa dan masyarakat Desa Sugihwaras, Kecamatan Kalitengah. Nampak hadir dalam acara pelantikan dan sumpah jabatan sekretaris Desa Sugihwaras ini diantaranya kepala desa beserta seluruh perangkat desa, ketua BPD dan anggota, tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta dari Forpimcam Kalitengah.

Baca:  11 ASN Di Lamongan Disanksi
Penyerahan salinan Surat Keputusan Kepala Desa kepada Sekretaris Desa Sugihwaras yang baru. foto: omdik_Kanalindonesia.com

Sementara itu, Camat Kalitengah, Sujirman, mengucapkan selamat kepada Supriyo yang telah dilantik sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Sugihwaras Menurut Sujirman, sekretaris desa yang baru dilantik saat ini, diharapkan dapat membantu pemerintah desa khususnya masyarakat Desa Sugihwaras guna memberikan pelayanan dan memajukan desa.

“Sebagai perangkat desa harus betul-betul memahami lingkungan kerja, tugas pokok dan fungsinya terutama sebagai Sekretaris Desa Sugihwaras dan diharapkan segera menyesuaikan dengan lingkungan dan jabatannya yang baru” pungkasnya.(omdik/fer).