Diguncang Gempa, Tembok Rumah Warga Ponorogo Roboh

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Dampak dari guncangan gempa M6,7 yang berpusat di barat daya Kabupaten Malang, mengakibatkan tembok rumah milik Hadi Purnomo(36) warga  Jalan Gadung Melati , RT/RW 002/001, Desa Siman, Kecamatan Siman, Kabupaten  Ponorogo, Jatim roboh, Sabtu(10/04/2021).

Kejadian bermula dari adanya gempa yang mengguncang Kabupaten Malang, getaran yang lumayan besar mengakibatkan tembok rumah pria yang keseharianya berprofesi sebagai pemulung tersebut roboh.

“Akibat gempa yang terjadi pada pukul 14.00 WIB di wilayah Kabupaten Ponorogo dan sekitarnya mengakibatkan tembok sisi rumah milik Aadi Purnomo, warga Siman roboh,”terang Setyo Budiono Kepala Seksi Logistik dan Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo kepada kanalindonesia.com.

Mengetahui kejadian tersebut, warga langsung bersama petugas dari BPBD, Polsek Siman dan Koramil Siman gotong royong membantu membersihkan material reruntuhan tembok rumah tersebut.

Baca:  Update COVID-19 Ponorogo Tembus 418, Positif Tambah 13, Sembuh 6 Pasien

Beruntung dalam kejadian tersebut, tidak menimbulkan korban.

Pun demikian, paska robohnya tembok tersebut, kondisi rumah milik korban dalam kondisi miring.

“Warga bersama petugas gabungan dan perangkat desa langsung melakukan kerja bakti menurunkan atap rumah untuk mengurangi resiko hancur karena rumah sudah miring,”ucap Setyo Budiono.

Rumah yang ditingali 4 anggota keluarga tersebut sejumlah kayu  dalam kondisi sudah lapuk, sehingga warga dan petugas tidak berani naik ke atap untuk menurunkan.

Diketahui gempa berpusat di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa dengan jenis gempa tektonik. Dari hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo  M6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo M6,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

Baca:  Mas Ipin Terpilih Aklamasi Ketua KNPI Jatim Periode 2018-2021

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).