Sambut Bulan Suci Ramadan, Bupati Sugiri Ziarah ke Makam Bathoro Katong

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM : Dalam rangkaian kunjungannya ke Ponorogo, Ketua PWNU Jawa Timur, K.H. Marzuki Mustamar bersama Bupati Sugiri Sancoko berziarah di makam Bathoro Katong, Minggu (11/4/2021). Ziarah ke makam wali atau sanak keluarga juga merupakan tradisi umat Islam di Indonesia sebelum menyambut bulan suci Ramadan.

Marzuki Mustamar menyebut, dari zaman nenek moyang sudah ada yang namanya ziarah, ketika ada Islam juga berziarah. Datangnya Islam tidak harus menghilangkan tradisi tersebut.

“Dulu orang minta kepada arwah. Dalam Islam mintanya ya kepada Allah. Justru kita berdoa supaya para arwah diangkat derajatnya, diampuni dosanya,” terang kiyai NU tersebut.

Terlebih, menurutnya dalam ajaran Islam tidak memperbolehkan dengan mengatasnamakan tradisi sampai membuat orang berbuat musyrik. Ia juga tidak mau atas nama agama lalu orang menghabisi tradisi dan budaya.

Baca:  Kapolres Bangkalan Pimpin Sertijab 2 Perwira Menengah dan 4 Perwira Pertama

“Tradisi jalan, tauhid masuk. It’s ok,” tutur Marzuki Mustamar.

Di kesempatan yang sama, Bupati Sugiri mengucapkan terimakasih kepada K.H. Marzuki Mustamar yang telah berkenan hadir di Ponorogo.

“Mudah-mudahan dengan berdoa di pusara para wali biar negara indah, Ponorogo hebat,” ungkap Bupati yang akrab disapa “Kang Giri”.

Setelah berziarah ke makam Bathoro Katong, Kang Giri dan K.H. Marzuki Mustamar melanjutkan ziarah ke makam Tegalsari, Jetis. (Jihan Ranna_kanalindonesia.com)