Sambut Ramadhan, Ini Upaya Pemkab Jombang di Berbagai Gerakan Kemaslahatan

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM:! Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menggelar acara Megengan secara sederhana yang diikuti beberapa undangan saja di Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (12/4) kemarin.

Megengan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1442 H/2021. Pada acara ini dilaksanakan pembacaan Tahlil dan doa bersama yang dipimpin KH Masduqi Abdurrahman Al-Hafidz.

Pada Megengan kali ini, Pemkab Jombang menyiapkan sebanyak 1442 apem yang disusun dalam 1 gunungan. Setelah acara pembacaan Tahlil, doa bersama, dan sambutan-sambutan selesai dilaksanakan, apem-apem tersebut kemudian dibagikan kepada para tamu. Para undangan juga tampak mengambil apem-apem di gunungan dengan tertib.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengatakan tradisi Megengan merupakan tradisi yang dimulai sejak zaman Wali Songo, tepatnya oleh Sunan Kalijogo.

Baca:  Plt Sekda Pamekasan Bakal Lengser dari Jabatannya

Megengan itu dari kata Megeng itu nahan (menahan). Jadi bulan puasa itu kita harus menahan nafsu, menahan haus, menahan lapar, menahan semua perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama,” terang Bupati Mundjidah Wahab, dikutip KanalIndonesia.com, Selasa (13/4).

Pada kesempatan itu, Bupati Mundjidah juga menyampaikan program Bahagia Bersama Tetangga yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan, yakni berbagi makanan saat buka dan sahur.

Untuk itu, kepada masyarakat yang mampu diharapkan untuk dapat mendukung gerakan ini. Meningkatkan amal ibadah dengan berbagi dengan tetangganya di bulan yang penuh keberkahan,” pesan Bupati Mundjidah mengajak untuk saling berbagi di bulan Ramadhan dengan Tetangga.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Jombang juga telah melaunching ATM Berad yang berada di Masjid Agung Baitul Mukminin. ATM ini atas kolaboras dan inisiasi, inovasi Pemkab dan Baznas Kabupaten Jombang dalam syiar dakwah dan gerakan sedekah.

Baca:  Polres Jombang Gelar Peringatan Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW

Mari bersama-sama terus menggelorakan gerakan 3 S, Sholat, Sholawat, Sedekah,” pungkasnya.