Rangkap Jabatan Kades, Ini Penjelasan Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan

(Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan Khusnul Yaqin. S.Si)

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Dalam rangka menjalankan tugas sebagai kepala desa yang masih aktif, Kepala desa harus kosentrasi atas tugas yang di embannya. Kepala desa di pilih dan di percaya oleh masyarakat setempat adalah bukti bahwa pemilihan atas kades adalah hasil suara rakyat yang di nyatakan sah menurut aturan dan hukum. Sehingga kades harus menjalankan tugasnya untuk pelayanan masyarakat.

Kepala desa terpilih harus mentaati peraturan sebagai kades dan berhak menerima hak – haknya sebagaimana yang telah tertera dalam aturan undang – undang desa. Sehingga apa yang telah di dambakan masyarakat, Bahwa kades sebagai pelayan masyarakat bisa melayani secara maksimal.

Sehingga dalam pelayanan yang maksimal, Kades hendaknya tidak merangkap sebagai kepala Desa dengan jabatan yang lain.

Baca:  Stok Kosong, Pengepul dan Distributor Tutup Sementara

Seperti halnya yang ada di desa Bulutigo kecamatan Laren kabupaten Lamongan dengan kepala desa yang bernama Rozim yang juga sebagai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Laren.

Sebenarnya tidak ada yang salah dan menyalahi aturan kades rangkap jabatan sebagai tenaga TKSK seperti diungkapkan Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan Khusnul Yaqin. S.Si. di ruang kerjanya, Rabu (14/4/2021).

“Tidak ada aturan baku yang melarang kades merangkap jabatan sebagai TKSK, Kalaupun memang merangkap sebagai TKSK harapnya bisa membagi waktu mana untuk warga desanya dan untuk sebagai TKSK,” Ujar Khusnul.

Lebih lanjut dia juga mengungkapkan beban kerja sebagai TKSK yang akhir-akhir ini memang berat sekali dengan adanya bantuan bantuan sosial dari pusat, beda sekali dengan awal awal terbentuknya TKSK yang beban kerjanya tidak seberapa.

Baca:  Antisipasi Klaster Baru korona, Pulau Bawean Gresik Disemprot Disinfektan

Saat kades Bulutigo Rozim akan dikonfirmasi menyebutkan kalau dia lagi sakit dan belum bisa dimintai keterangan apapun.

“Saya masih sakit mas, masih lemes,” balasnya lewat perpesanan singkat.

Jurnalis : Fatta
Kabiro    : Ferry Mosses