Hobi Baru Kang Giri, Koleksi Ribuan Burung Tak Pernah Ingkar Janji

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengisi hari-hari libur atau waktu senggangnya untuk berburu burung merpati ke sejumlah pasar.

Kang Giri telah mengoleksi burung berbulu putih mulus dan jinak ini sebanyak 500 ekor yang dipeliharanya di halaman wingking Pringgitan (Rumah Dinas) Bupati Ponorogo.

Demi memenuhi hobi barunya tersebut, Bupati Kang Giri bersama anak ragilnya Muhammad Gibran Cahyaning Pengeran ( Gibran) mendatangi pasar hewan Kauman Sumoroto, Sabtu (17/4/2021) pagi.

“Hari ini saya ke pasar Sumoroto belanja burung merpati, segala macam dan jenis merpati adanya berapa saya ambil. Kemarin kita sudah belanja di Pasar Burung Tonatan, Kecamatan Ponorogo. Sekarang di halaman belakang Pringgitan sudah ada 500 ekor burung merpati dan akan terus menambah ini biar sampai jumlah ribuan pasang merpati. Sembari kunjung pasar selain dapat merpati kita bisa sambang dulur pasar,” ucap Kang Giri, yang juga lebih dikenal dengan bupatine wong cilik itu.

Baca:  Bareskrim Polri Segel Tanah Milik Puskopkar 23 Hektar di Sidoarjo

Burung yang tak pernah ingkar janji itu, seperti judul lagunya Paramita Rusady, dibeli oleh Kang Giri menggunakan uang yang dikeluarkan dari koceknya sendiri. Sengaja Dia mengumpulkan burung-burung cantik itu agar halaman belakang Pringgitan yang dihampari rumput hijau dan cukup luas itu bisa lebih  hidup .

“ Burung-burung ini saya beli dari kantong sendiri, sengaja saya keluar masuk pasar hewan untuk membeli burung dan silaturahmi dengan masyarakat,” tuturnya.

Hoby mengoleksi burung diakui oleh ayah 3 anak itu, merupakan kesenangan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Ada pesan moral dari burung jinak itu, sehingga suami dari Susilowati itu menyukai burung merpati sedari kecil.

“Kita pilih burung merpati , karena ada pesan moral bahwa seperti judul film ‘Merpati Tak Pernah Ingkar Janji, Pigeon Never Break the Promise, “ pungkas penyuka budaya Jawa ini.

Baca:  Sampah Di Pantai Kenjeran