Pemdes Kedungdadi Gelar Bazar Ramadhan untuk Pulihkan Ekonomi Masyarkat Pasca Pandemi

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Sebagai upaya membangkitkan ekonomi masyarakat setelah pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Kedungdadi, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan manfaatkan momen bulan suci Ramadhan dengan mengadakan bazar Ramadhan yang mulai digelar pada hari Selasa  (13/04/2021).

Tampak warga sekitar yang antusias mengikuti gelaran acara bazar Ramadhan, terbukti dengan banyaknya stan yang berjajaran kurang lebih sepanjang 50 hingga 75 meter. Selain itu, tampak pula pengunjung yang ramai mendatangi bazar untuk menunggu waktu buka (ngabuburit) sambil membeli takjil yang dijual.

Kepala Desa Kedungdadi, Sukiman mengatakan kegiatan bazar Ramadan ini bertujuan untuk mengembalikan geliat ekonomi bagi pelaku usaha yang selama satu tahun belakangan ini kesulitan, akibat pandemi Covid-19. Pelaku UMKM, biasanya menjajakan aneka hidangan berbuka puasa di sejumlah wilayah dengan cara berkeliling. Maka, dengan bazar Ramadhan ini mereka dikumpulkan dalam satu tempat.

Baca:  Kapuspen TNI : Prajurit TNI Tembak Mati Dua Orang Teroris MIT

“Ramadhan tahun lalu kita tidak bisa melaksanakan kegiatan seperti ini karena saat-saat awal Virus Corona mewabah. Namun, kali ini sedikit longgar tetapi tetap memberlakukan protokol kesehatan,” terang Sukiman kepada Kanalindonesia.com.

Meski tidak menjelaskan secara rinci, Sukiman mengaku sangat senang karena hasil penjualan makanan serta minuman pada beberapa hari ini sangat memuaskan dikarenakan ada banyak pembeli. Bazar yang digunakan sebagai sarana untuk warga atau yang mempunyai passion dalam hal berbisnis bisa langsung gabung dan membuka stand lapaknya, sedangkan bagi masyarakat sebagai tempat memudahkan untuk berbelanja memenuhi kebutuhannya selama bulan Ramadhan.

“Kegiatan bazar Ramadhan ini baru pertama kali  di Desa Kedungdadi yang dilaksanakan oleh pemdes dan kedepannya semoga menjadi acara wajib tahunan yang harus ada setiap bulan Ramadhan karena jika dilihat setelah 5 hari pelaksanaanya sambutan atau respon positif datang dari masyarakat terbukti ramainya pengunjung untuk datang untuk melihat bazar Ramadhan” tuturnya.

Baca:  Kerjasama Dengan Bulog Jatim, Kapolda Harap Harga Beras di Jatim Stabil

Bazar yang dibuka mulai pukul 15.30 WIB hingga menjelang maghrib tersebut rencananya akan berlangsung hingga 3 minggu mendatang atau sampai akhir bulan Ramadhan. Kegiatan Bazar Ramadhan di Desa Kedungdadi ini merupakan satu-satunya bazar yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Sugio. (omdik/fer)