Kasad Resmikan Rumah Tahanan Militer Dengan Teknologi Canggih Berbasis Artificial Intelligence 

Kasad resmikan rumah tahanan di Pondam Jaya
Kasad resmikan rumah tahanan di Pondam Jaya

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM : Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, resmikan rumah tahanan berbasis Artificial Intelligence (AI) dengan teknologi canggih pertama di Indonesia berada di Markas Polisi Militer Kodam Jayakarta (Mapomdam Jaya, Jl. Sultan Agung No. 33, Jakarta Selatan, Selasa (20/4/21).

“Untuk pertama kalinya TNI Angkatan Darat memiliki smart instalasi tahanan militer. Smart ini karena memang berbasis Information Communication Technology (ICT), sehingga semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa,”kata Kasad kepada awak media.

Menurut Kasad, ini menjadi kebanggaan TNI AD. Intalasi tahanan tersebut sangat manusiawi, sehingga minim terjadi praktik persekusi dan kekerasan lainnya.

“Tidak mungkin lagi ada bullying di dalam, karena segala bentuk gerakan ada analisisnya dan analisisnya dilakukan oleh artificial intelligence, jadi sudah otomatis,” jelas Kasad.

Baca:  Dandim 0506/Tangerang, Letkol Inf M. Imam Gogor A.A. Dan Kapolres Kawal Aksi Damai Ojek Online.

Kasad menjelaskan, instalasi tahanan militer yang berteknologi canggih ini berdiri di atas tanah seluas 1.500 meter persegi. Instalasi tahanan ini dapat menampung hingga 83 orang binaan.

“Saya berharap bisa mendapatkan satu lagi instalasi tahanan canggih seperti ini dalam hal pengadaan. Saya juga meminta Polisi Militer Kodam Jaya dapat memanfaatkan fasilitas ini. Jadi, saya titip kepada seluruh pejabat di Polisi Militer Kodam Jaya untuk benar-benar memanfaatkan kelebihan dari instalasi tahanan militer ini karena memang inilah yang seharusnya kita miliki,” harapnya.

Sebelum meresmikan Staltahmil, Kasad terlebih dahulu melihat gedung depan Markas Mapomdam Jaya, dilanjutkan dengan menyaksikan atraksi kemampuan anjing pelacak yang di miliki Pomdam Jayakarta.

Baca:  Dandim 1710/Mimika Lepas 75 Orang Casis Secata PK Gel I TA 2021 Zonasi Mimika Ke Jayapura

Lebih lanjut Kasad menyampaikan, dari bangunan Instalasi tersebut di integrasikan sangat terkedali. “Semuanya sudah di program dengan digital secara elektronik sehingga bisa secara otomatis dalam arti tidak lagi manual”, ujar Kasad.

Kasad menambahkan, dibangunnya intalasi tahanan militer disini, dikarenakan sebelumnya tahanan di Pomdam Jaya ini dirasakan tidak manusiawi.

“Namun semuanya sudah bisa diprogram jadi tidak lagi manual seperti penguncian dan lampu jadi semuanya sudah diprogram secara elektronik sehingga bisa otomatis, tetapi juga yang lebih penting adalah lebih manusiawi karena apa ? Karena tidak mungkin lagi ada bullying di dalam, analisisnya langsung oleh artifisial intelijen jadi sudah otomatis itu yang membuat kami bangga terbangunnya Smart Instalasi Tahanan Militer sebagai fasilitas yang pertama di Satuan Pom TNI AD,”imbuhnya.

Baca:  Teknis Lomba Lari, Penyelenggara Event Jayakarta Loe Gue Run 2020 Gelar Rakornis

Tampak Pejabat TNI AD yang hadir mendampingi Kasad saat meresmikan Staltahmil Pomdam Jaya diantaranya, pejabat dari jajaran Mabesad diantaranya Irjenad, Asrena Kasad, Asintel Kasad, Aspers Kasad, Aslog Kasad, Kapusziad, Dirkumad, Kadispenad, Kadisadaad, kemudian dari Puspomad antara lain Danpuspomad, Wadanpuspomad, Irpuspomad, Dirbinidik Puspomad, Dirbaintahmil Puspomad, serta dari jajaran Kodam Jaya antara lain, Pangdam Jaya, Irdam Jaya, Asintel Kasdam Jaya, Aslog Kasdam Jaya, Danpomdam Jaya, Kazidam Jaya dan Kapendam Jaya, kemudian pejabat dari luar struktur TNI meliputi, Kapuslesmasmil TNI, Dirjen Lapas Kemenkumham RI dan Ka Rutan KPK Cabang Kelas I Guntur.@Wn