Dandim 1709/Yawa Berikan Materi Fungsi TNI Dalam Pendidikan Politik Masyarakat Di Distrik Yawakukat

Dandim 1709 Yawa berikan penyuluhan
Dandim 1709 Yawa berikan penyuluhan

YAPEN, KANALINDONESIA.COM :   Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H berikan materi fungsi TNI dalam Pendidikan Politik Masyarakat kepada seluruh Tokoh masyarakat dan aparat kampung yang ada di Kantor Distrik Yawakukat Kab. Kepulauan Yapen, Selasa (20/4/21).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Kep. Yapen ini, secara resmi dibuka oleh Frans Sanadi, B.SC, S. Sos MBA, Wakil Bupati Kab. Kep. Yapen yang mengatakan, agar seluruh tokoh masyarakat dan juga seluruh aparat kampung bisa menambah wawasan dan pemahaman politik sehingga emplementasinya benar benar ditaati serta berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Diawal pemberian materinya, Dandim 1709/Yawa menjelaskan, bahwa  TNI tidak berpolitik dan TNI hanya menjalankan politik Negara, sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945, politik yang diabdikan pada tegak dan kokohnya NKRI yang di dalamnya terbangun ketaatan pada hukum, yang selalu menempatkan kepentingan rakyat di atas kepentingan manapun, serta taat kepada atasan yaitu Presiden Republik Indonesia yang dipilih secara sah sesuai dengan konstitusi.

Baca:  ATM Teras BRI Watulimo Trenggalek Hangus Terbakar

“Bahwasannya TNI tetap berpegang teguh pada komitmen tidak berpolitik praktis, namun di alam demokrasi TNI sebagai institusi yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam penyelenggaraan ketatanegaraan dituntut untuk mampu menyampaikan saran pendapat sebagai upaya nyata dalam partisipasinya terhadap negara dan bangsa guna melahirkan kebijakan-kebijakan politik negara yang akomodatif terhadap seluruh komponen bangsa. Sebab itu, ditegaskannya kembali, bahwa sangat penting bagi TNI, bahwa memahami kepentingan politik negara sama sekali tidak berarti TNI menyentuh politik praktis, tetapi sebaliknya, TNI dalam menjalankan tugasnya sebagai alat negara di bidang pertahanan mengerti dengan jelas makna tugas menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi bangsa dan tumpah darah, hendaknya dipahami sebagai TNI mengemban amanat mengamankan kepentingan politik negara”, kata Dandim 1709/Yawa.

Baca:  Baznas Gandeng Ralali.com Hadirkan Layanan Kurban Digital

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kakesbangpol Kab. Kep. Yapen Sonny Woria, Wakil Ketua II Fraksi Hanura DPRD Yapen Fridolin Warkawani, Danramil 1709-01/Yapen Selatan Mayor Inf Luther Ayomi, Sekretaris Kesbangpol Yapen Yohanes Hugo, Kepala Distrik Yawakukat Drs. Paris Damanik, Sekretaris KPU Yapen Fredi The, S.H, para Kepala Kampung se-Distrik Yawakukat dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Wanita se-Distrik Yawakukat.@wn