Antisipasi Tindak Kejahatan, Desa Semampir Sidoarjo Dirikan Pos Siskamling

    • SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM : Untuk antisipasi tindak kejahatan di wilayah Desa Semampir Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo, Jatim, Kepala Desa Semampir, Luqman Mualim mempunyai gagasan untuk mendirikan Pos Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayahnya.

Hal tersebut terbersit dari hati mantan HRD Jawa Pos group itu, lantaran letak geografis wilayah Semampir bersinggungan dengan tempat fasilitas umum (fasum) antara lain Bandara internasional Juanda,jalan nasional yang menjadi akses antar negara, hotel berbintang, di mana tempat-tempat tersebut kalau dekat dengan pemukiman penduduk adalah hal yang krusial dari sisi manfaat dan mudharatnya.

Manfaatnya, tempat-tempat tersebut sangat di perlukan masyarakat untuk mendongkrak perekonomiannya, sedangkan, sisi mudharatnya, dengan menjadi obyek vital yang bisa mendatangkan orang dari berbagai kota, kita tidak tahu karakteristik dari masing-masing personal yang hadir, ada yang beritikad baik dan ada yang beritikad buruk.

Baca:  Pemkab Pacitan Rencana Lebarkan Jalan Arjosari-Purwantoro, 2017

Untuk itu, Luqman mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan, salah satunya menjadi akses peredaran narkoba dan tindak kriminalitas lainnya.

“Dengan melihat identitas wilayah desa kita yang bersebelahan langsung dengan fasum itu, sengaja kita hidupkan kembali pos Siskamling yang di jaga selama 24 jam penuh,” kata dia. Kamis (22/4/2021) malam.

“Fungsinya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan, misalnya kalau melihat seseorang yang gelagatnya mencurigakan, petugas piket jaga langsung mendatangi dan menanyakan identitas orang yang tidak di kenal tersebut,” lanjutnya.

Sedangkan untuk teknis penjagaannya akan di gilir dari warga setempat yang berkolaborasi dengan linmas, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Banser dari daerah setempat.

Baca:  Nekat Edarkan Sabu, Wanita Cantik Diamankan Unit Reskrim Polsek Semampir