istimewa

BOLA, KANALINDONESIA.COM: Juventus meraih kemenangan 1-0 saat menjamu AS Roma dalam lanjutan Liga Italia di Allianz Stadium, Gol tunggal Si Nyonya Tua dilesakkan oleh Moise Kean pada menit ke-16.

Pertandingan ini tak lepas dari balutan drama dan kontroversi yang membawa nama wasit Daniele Orsato. Sang pengadil pertandingan disorot karena beberapa keputusan yang disesalkan kubu AS Roma.

Tak lama sebelum istirahat, Roma sebenarnya berpeluang menyamakan skor ketika tembakan voli jarak dekat Tammy Abraham menggetarkan jala Juventus. Namun, gol mantan penyerang Chelsea tersebut tidak dianggap.

Awalnya, Abraham melakukan giringan apik ke dalam kotak penalti lawan, tetapi bola berhasil dicuri oleh tekel pemain Juve.

Bola lepas mengarah kepada Henrikh Mkhitaryan, yang lantas dijatuhkan kiper Wojciech Szczesny.

Setelah gelandang Armenia itu terjatuh, bola memantul liar kepada Abraham, yang menuntaskannya dengan tembakan ke gawang kosong.

Hanya, beberapa saat sebelum bola bersarang ke jala, Orsato keburu meniup peluit tanda pelanggaran dilakukan terhadap Mkhitaryan.

Sang wasit dikritik karena tidak menunggu sampai proses gol itu selesai dan tak memberikan keuntungan (advantage) buat Roma. Pihak I Lupi menilai semestinya pelanggaran itu menjadi sebuah advantage sehingga sepakan terusan Abraham sah menjadi gol.

Namun, Orsato menilai sebaliknya. Ia menunjuk titik putih dan memberikan tendangan penalti buat Roma.

Opini lain pun beredar bahwa sebenarnya Roma sendiri beruntung dikasih penalti karena tangan Mkhitaryan terlihat mengenai bola saat dia terjatuh, sehingga menjadi umpan liar buat Abraham.

Toh, pelanggaran Szczesny terhadap eks gelandang Manchester United itu lebih dulu terjadi daripada handball yang dimaksud.

Apes bagi Roma, eksekusi Jordan Veretout digagalkan Szczesny, sehingga penalti hadiah itu pun tak mengubah skor. Tetap 1-0 buat Juventus.

Satu kontroversi lain terkait penalti, Orsato juga dinilai alpa melihat Giorgio Chiellini merangsek ke dalam kotak ketika Veretout menendang bola.

 

Padahal, regulasi menyatakan semestinya tendangan diulang saat ada pemain yang memasuki area penalti ketika sang algojo menembak. Akan tetapi, Orsato tak melakukan pengulangan eksekusi.

Peristiwa menarik lainnya terjadi di terowongan pemain saat jeda pertandingan, di mana Orsato melakukan percakapan dengan pemain Roma, Bryan Cristante.

Dari rekaman yang beredar, Cristante meminta penjelasan kenapa gol Abraham tidak sah dan wasit tak memberi situasi advantage buat Roma.

Begini jawaban Orsato untuk Cristante seperti yang dilansir Eurosport.

“Tidak ada advantage dalam situasi penalti, dan Anda menyalahkan saya karena penalti yang gagal?” katanya.

Sepanjang pertandingan, pelatih Roma, Jose Mourinho, tertangkap kamera beberapa kali menunjukkan raut kecewa terhadap Orsato. Namun, pascalaga, dia tak ingin membahas kontroversi tersebut.

“Soal insiden penalti, saya tak ingin mengomentarinya,” ujar Mourinho kepada DAZN, dikutip dari Football Italia.

“Saya ingin mengisolasi diri saya dari insiden tersebut dan berkonsentrasi kepada semua hal yang tim saya lakukan.”

Terakhir Mourinho memuji penampilan anak asuhnya cukup memuaskan hari ini hanya saja hasil akhir dan kontroversi tak bisa dihindari.

Bagi juventus sendiri, Bianconeri tercatat membukukan lima kemenangan beruntun. Hasilnya, tim asuhan Massimiliano Allegri kini membukukan 14 poin dan berada di tangga ketujuh.

Kemenangan ini juga menguntungkan Inter Milan dari segi tabel klasemen. Pasalnya, posisi Nerazzurri yang terpaut dua poin dari AS Roma tak jadi tergusur dari peringkat ketiga.

AS Roma sementara duduk di urutan keempat tabel clasifica Serie A dengan koleksi 15 angka.

-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here