Kapolres Sampang Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Larangan Mudik Lebaran

SAMPANG, KANALINDONESIA.COM: Menindak lanjuti larangan mudik di Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang dikeluarkan Pemerintah Pusat. Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Larangan mudik di lapangan Apel Wira Manunggal Wicaksana Mapolres Sampang, Senin (26/4/2021).

Pada upacara gelar pasukan ini diikuti oleh anggota gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Sampang, dimana masing-masing 1 peleton. Selain itu, hadir pula dalam kegiatan ialah Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Dandim 0828 Sampang Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, serta sejumlah perwakilan Pemkab Sampang lainnya, seperti dari PCNU Kabupaten Sampang, PD Muhammadiyah Kabupaten Sampang, GP Ansor dan Pondok Pesantren di Kabupaten Sampang.

Kapolres AKBP Abdul Hafidz mengatakan dalam hal ini seperti kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait larangan mudik lebaran tahun 2021, yang berbunyi dalam Addendum melalui surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 tahun 2021, pihaknya siap mendukung secara optimal. Yakni dengan cara melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat supaya mereka mengerti dan paham bahwa kebijakan tersebut untuk kepentingan kita bersama agar penyebaran Covid-19 di Indonesia dan Kabupaten Sampang khususnya bisa dikendalikan sehingga ke depan bangsa kita sudah terbebas dari Pandemi Covid-19.

Baca:  Blanko e-KTP D Dispendukcapil Jombang, Stok Menipis

“Oleh karena itu dalam rangka kebijakan pemerintah terkait larangan mudik menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H / 2021 serta di tengah Pandemi virus corona (Covid-19) di wilayah Jawa Timur, maka Polres Sampang melaksanakan kegiatan penyekatan di wilayah perbatasan Kabupaten Sampang dan menggiatkan secara masif operasi protokol kesehatan di Kabupaten Sampang” sambutan Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz dikutip Kanalindonesia.com dalam amanatnya di Mapolres Sampang, (26/4).

Kapolres Sampang juga menjelaskan tujuan Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya sehingga kegiatan dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan khususnya dalam rangka mendukung kebujakan pemerintah terkait larangan mudik.

Baca:  Ketua DKPP: Jangan Pengaruhi Hakim di Luar Sidang

Kapolres Sampang memberikan beberapa penekanan kepada para peserta apel, sebagai berikut:

1. Laksanakan kegiatan himbauan dengan mengedepankan 3 pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pemdes) serta tokoh agama dan tokoh masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat tentang kebijakan larangan mudik.
2. Lakukan koordinasi secara intens dengan berbagai pihak dalam rangka kegiatan sosialisasi larangan mudik lebaran kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat patuh dan taat terhadap kebijakan pemerintah tersebut.
3. Jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas agar para anggota yang bertugas di lapangan dapat menjalankan tugas secara optimal.
4. Tingkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas guna antisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca:  Jalin Silaturahmi Dengan PLN, Kapolda Jatim: Menunjang Ekonomi Masyarakat

“Semoga Tuhan YME, senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan-NYA kepada kita semua, dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara,” pungkasnya. Ady