Rentan Bencana Alam, BPBD Gelar Apel Hari Kesiapan Penanganan Bencana di Slahung

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Ponorogo melaksanakan apel hari kesiapsiagaan penanganan bencana alam di lapangan Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Senin (26/04/2021).

Dalam amanatnya, Kepala BPBD Kabupaten Ponorogo Imam Basori selaku pemimpin apel menyampaikan terkait alasan diletakkannya apel tersebut di Slahung. Ia menginformasikan bahwa Desa Tugurejo dan sekitarnya memiliki tipografi berbukit dan telah mengalami tanda-tanda adanya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Alasan tersebut turut diperkuat dengan kejadian beberapa tahun silam yang mengharuskan masyarakat Tugurejo melakukan siaga bencana selama dua bulan.

Imam Basori menambahkan, empat kategori bencana alam, pertama yakni geologi dan vulkanologi meliputi gempa bumi, tsunami dan letusan gunung merapi. Selanjutnya terdapat kategori bencana hidrometeorologi kering, hidrometeorologi basah serta bencana non alam.

Baca:  4 Pasien Sembuh, Kini Tambah 2 Terconfirm Positip

“Baru-baru ini ada gempa bumi, tapi kita patut bersyukur di Kabupaten Ponorogo tidak ada korban ataupun ada kerusakan itu sangat ringan,” imbuh Kepala BPBD Kabupaten Ponorogo.

Mengenai langkah penanganan bencana, ia menyebutkan terdapat empat cara yaitu mengenali ancaman bencana di sekitar kita, melakukan pengurangan resiko bencana semampunya, membuat titik kumpul sewaktu bencana serta melakukan latihan evakuasi penanganan bencana.

“Dengan terus berlatih evakuasi bencana, masyarakat akan semakin tangguh dan trengginas dalam menghadapi bencana yang terjadi. Lebih dari itu, muncul kesadaran pentingnya sadar bencana apalagi dimasa pandemi seperti ini,” pungkasnya.(Yuvelia)