Tiga Pelaku Spesialis Pecah Kaca Antar Wilayah Diringkus Timsus Jatanras Polda Jatim

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Tim Khusus (Timsus) Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim merilis hasil ungkap kasus kejahatan jalanan di 15 tempat wilayah Jatim. Kasus tersebut ialah pecah kaca dengan total mencapai Rp1,10 miliar.

Dari hasil ungkap kasus pecah kaca, polisi menangkap tiga orang tersangka, berinisial ASB (31), warga Dusun Krajan, Desa Resongo, Kecamatan Kuripan, NM (19), warga Desa Menyono, Kecamatan Kuripan dan A (35), warga Desa Menyono, Kecamatan Kuripan. Ketiganya merupakan warga asal Kabupaten Probolinggo.

Menurut Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, pengungkapan kasus pecah kaca ini berdasarkan laporan polisi dari sejumlah wilayah Polresta maupin Polres jajaran Polda Jatim. Lalu anggota melakukan pengembangan dan menangkap para tersangka.

“Ketiga pelaku tersebut merupakan sindikat curat yang sudah profesional dalam melakukan aksinya. Mereka ini beraksi sejak tahun 2019 sampai tahun 2021. Untuk lokasinya hampir 15 TKP, keuntungan dari hasil kejahatan mencapai Rp1.110.760.000,” kata Gatot didampingi Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Totok Suharyanto, Wadirreskrimum Polda Jatim, AKBP Nasrun Pasaribu dan Kasubdit Jatanras Polda Jatim, AKBP Lintar Hardono di Mapolda Jatim, Selasa (27/4/2021).

Untuk modus operandi para pelaku saat beraksi ini melakukan tindakan pencurian dengan cara memecahkan kaca mobil yang sudah diincar oleh pelaku dengan menggunakan busi kendaraan bermotor. Sedangkan para pelaku lainnya, bertugas mengawasi keadaan sekitar.

Salah satunya tersangka A, kepada petugas dirinya mengaku pada saat melakukan aksinya, ia tidak sendirian. Melainkan bersama teman-teman dan mencuri menggunakan busi yang sudah dilembutkan dan diberi air ludah dicampur lalu dilemparkan ke mobil langsung retak dan langsung mengambil barang yang ada di dalam mobil.

“Hanya dua menit mereka beraksi, langsung dapat barang yang ada didalam mobil itu,” beber Gatot.

Dari hasil pengembangan dalam kasus ini, ada 6 tersangka lain yang masih dalam pengejaran Timsus Subdit Jatanras. Barang bukti yang diamankan polisi antara lain tas warna hitam berisi SIM, STNK, KTP milik korban, uang tunai Rp1,5 juta dan 6 unit motor yang digunakan aksi kejahatan dan curian serta kartu ATM BCA.

Dalam kasus ini, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP, adapun ancaman humumannya mencapai 5 tahum. Ady