Akibat Truk Terguling di Jalur Nasional, Sempat Sebabkan Antrian Macet Panjang

Caption foto : sejumlah petugas dari Satuan Lalu lintas Polres Jombang saat lakukan evakuasi truk yang terguling

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Truk yang mengangkut tepung terigu diduga mengalami patah as sehingga mengakibatkan truk tersebut terguling di Jalan Nasional Surabaya – madiun tepatnya di Jalan Raya Mojoagung Km. 71, Peterongan, Jombang. Truk dengan nomor polisi L 8059 WZ yang dikemudikan Imam Jauhari (46) warga asal Jember, tersebut terguling tepat ditengah jalan nasioal Surabaya – Madiun, akibat kejadian ini arus kendaraan dari arah Surabaya tujuan Jombang macet parah.

AKP Inggal Widya Perdana selaku, Kepala Satuan Lalulintas Polres Jombang, pada kanalindonesia.com mengatakan, bahwa dugaan sementara truk terguling akibat kelebihan muatan.

“Dugaan sememtara akibat kelebihan muatan, namun masih kita selidiki penyebab sebenarnya, karena penyebab patahnya as bisa bervariasi mulai dari kendaraan yang usianya sudah tua maupun kondisi median jalan serta tonase kendaraan,” ujarnya.(07/04/2017)

Masih menurut penjelasan Kasat Lantas, untuk mengevakuasi kendaraan pihak laka lantas harus mengerahkan satu excavator dan satu buldozer untuk membalikan posisi kendaraan seperti semula dan menepikan ke jalan.

” kami kerahkan 1 unit excavator dan 1 buldozer untuk evakuasi truk tersebut, hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi kemacetan panjang yang terjadi akibat kecelakaan ini,” pungkasnya.

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, proses evakuasi truk patah as ini dilakukan dengan cara menurunkan muatan kesisi jalan serta dengan meminta bantuan forklip untuk memindahkan badan truk gandengan yang mengalami patah as tersebut. Sementara arus lalu lintas kendaraan dari Surabaya tujuan Jombang sudah mulai berangsur angsur normal, seperti semula.(elo)