BANGKALAN,KANALINDONESIA.COM:Wakil Rakyat Dapil Madura yang duduk sebagai anggota Komisi V DPR RI, dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H. Syafiuddin Asmoro, S.Sos. Usung song osong lombung saat membuka kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Kabupaten Bangkalan Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari ( 22 – 23 Oktober 2022) dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Bertempat di gedung Merdeka Bangkalan Madura, Jum’at, (22/10/2021).Pembekalan dan Uji Sertifikasi TKK Kabupaten Bangkalan digelar atas inisiasi Kementerian PUPR lewat Dirjen Bina Kontruksi.

H.Syafiuddin,S.Sos berharap nantinya kegiatan seperti ini tidak hanya pada tahun 2021 saja. Tetapi terus berkelanjutan hingga tahun-tahun mendatang. Syaifuddin berjanji selama masih menjabat anggota DPR RI di Komisi V. Akan terus mendorong masyarakat Madura, khususnya Kabupaten Bangkalan mendapat pelatihan.

“Selama saya duduk di Komisi V, akan terus mendorong agar masyarakat Madura mendapat pelatihan,” ujarnya.

Menurut H Syafiuddin, kegiatan pelatihan tenaga kerja jasa konstruksi ini terlaksana berangkat dari usulan aspirasinya pada tahun 2020 lalu. Tepatnya saat pembahasan APBN, disepakati bahwa sesuai dengan undang undang No 2 tahun 2017 tentang jasa kontruksi, pemerintah berkewajiban melakukan sertifikasi terhadap tenaga kerja di seluruh Indonesia. Karena didalam UU itu kita memberikan ruang kepada pemerintah melalui Dirjen Bina Kontruksi. Untuk melakukan pelatihan pelatihan, sehingga nanti mendapatkan tenaga tenaga kontruksi yang terampil yang madya atau tenaga ahli.

Untuk diketahui, peserta tenaga kerja jasa kontruksi yang mengikuti pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi ini. Rencananya akan dipersiapkan untuk pembangunan di kawasan Madura. Sehingga saat ada kebijakan pemerintah pusat, baik berupa perpres, kebijakan kawasan ekonomi khusus dan lain lain terkait dengan pembangunan di kawasan Madura ini. Peserta yang ikut pembekalan hari ini bisa dilibatkan.

“Dengan adanya tenaga asli Madura khususnya Bangkalan, kita sudah siap menyosong pembangunan,” paparnya.

Lebih lanjut, Ketua PKB Cabang Bangkalan ini menyampaikan bahwa untuk pendistribusian tenaga kerja yang sudah dilatih ini. Merupakan wewenang pemerintah pusat lewat Kementerian PUPR. Tetapi untuk tenaga yang sudah disertifikasi tentunya bukan hanya di pekerjakan di pulau Madura saja juga bisa di take over ke Mojokerto, Batam dan wilayah lainya di Indonesia sesuai dengan keahlian sertifikasi-nya.

Dilain pihak, saat ini anggota Syafiuddin, masih kekeh dan terus memperjuangkan pembangunan infrastruktur di Madura Ke Kementrian PUPR . Hal tersebut sesuai aspirasi dalam jangka pendek yakni pelebaran jalan nasional mulai dari Kabupaten Bangkalan hingga ke Kabupaten Sumenep. Termasuk pembanguan jembatan gantung Aeng Taber bisa segera direalisasikan pemerintah.

“Alhamdulillah pada pembahasan APBN tahun 2020 lalu, sudah ter programkan, tapi masih akan disingkronisasi pada Nopember 2021 nanti.Semoga kita tidak di PHP lagi oleh pemerintah pusat,”harapnya.

Sementara itu Kementerian PUPR mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi- tingginya. Karena H. Syafiuddin Asmoro, yang telah membawa aspirasi pelatihan tenaga kerja jasa kontruksi kepada masyarakat di Kabupaten Bangkalan.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada bapak Syafiuddin Asmoro yang telah memfasilitasi kita semua. Ini merupakan bentuk kepedulian beliau kepada TKK di Bangkalan,” ucap panitia penyelenggara Kontruksi wilayah IV Surabaya, Eddy Irwanto.

Ditambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan UU no 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi tentang kewajiban kepemilikan sertifikat bagi seluruh tenaga kerja konstruksi baik dilevel ahli maupun yang terampil.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi pengakuan atas kompetensi para tenaga kerja. Baik pada aspek pengetahuan keterampilan dan sikap kerja dalam rangkaian pembekalan. Tujuannya untuk menghasilkan peserta yang kompetensi di bidang kontruksi khususnya pada level terampil. (sumaryanto_kanalindonesi.com

-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here