Danpuslatpumar-8 Teluk Ratai Membuka Latihan Pemantapan Brigif-3 Marinir.

KANALINDONESIA.COM, LAMPUNG : Komandan Pusat Latihan Tempur Marinir-8 (Danpuslatpurmar-8 ) Teluk Ratai Lampung Letnan Kolonel Marinir Nandang Permana Jaya memimpin upacara pembukaan Latihan Pemantapan Komandan Peleton, Kepala Regu dan Kepala Seksi Senjata Brigif-3 Marinir tahun 2017, di Pantai Caligi Teluk Ratai Pesawaran Lampung, Sabtu (08/04/2017).

Latihan Pemantapan ini meliputi latihan Keterampilan Tempur Aspek Laut dan Aspek Darat yang akan berlangsung selama sepuluh dan diikuti oleh 100 personel pejabat Danton, Karu dan Kasi di jajaran Brigif-3 Marinir di bawah pimpinan Letnan Kolonel (Mar) Nandang Permana Jaya selaku perwira pelaksana latihan. Latihan itu sendiri akan dilaksanakan di daerah Teluk Ratai, Teluk Pandan dan Padang Cermin Pesawaran.

Dalam sambutannya Danpuslatpurmar-8 Teluk Ratai, membacakan amanat Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) yang mengatakan bahwa Komandan satuan di dalam organisasi Korps Marinir memegang peranan yang sangat penting di dalam mendinamisasikan peran dan fungsi organisasi korps. Demikian pula dalam pembinaan kepemimpinan dan kemampuan dalam mengendalikan satuan, guna menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks saat ini dan dimasa yang akan datang.

“Oleh karena itu guna menjamin dan memelihara kemampuan tersebut, setiap komandan satuan dis emua strata khususnya para Komandan Satlak sampai dengan Kepala Regu harus memiliki kesadaran untuk terus berlatih agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dimanapun bertugas,”ucap Dankormar.

Lebih lanjut dikatakan, keberhasilan suatu satuan sangat ditentukan oleh peran dan kinerja para komandan yang berada di lapangan. Komandan lapangan merupakan motor penggerak kegiatan satuan sekaligus sebagai inspirator dan dinamisator bagi satuan dan menjadi contoh bagi seluruh prajuritnya.

Latihan pemantapan ini meliputi tehnik dan taktik operasi laut dan darat yang akan dirangkaikan dengan latihan terpadu sebagai pembuktian apakah latihan pendahuluan dapat dipahami dengan baik dan mampu mempraktekannya dengan baik dan benar.

Hadir dalam Upacara pembukaan latihan pemantapan tersebut Pasintel Brigif-3 Mar Letkol Mar Ilham Jafar, Paslog Brigif-3 Letkol Mar Ahmad Sahuri, Danyonif-7 Mar Letkol Mar Prof Degretmen, Danyonif-9 Mar Letkol Mar Budi Santoso, serta para perwira di jajaran Brigif-3 Marinir. (ery ns)