INDRAMAYU, KANALINDONESIA.COM – TNI AL Pangkalan Lanal Cirebon bersama Pemerintah Kabupaten Indramayu bekerja sama mengadakan kegiatan Ketahanan Pangan Masyarakat Pesisir T.A 2021 yakni Pelatihan Budidaya Ikan Bandeng di Galangan Kapal Desa Pabean Kabupaten Indramayu pada Senin (25/10/2021).

Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ainul Muslimin, S.E.,M.Tr.Hanla, M.M mengatakan ikan adalah salah satu komoditas perdagangan yang cukup pesat sejalan  dengan meningkatnya jumlah penduduk, ikan tidak hanya untuk dikonsumsi setiap hari akan tetapi dapat diolah untuk menjadi  bermacam produk makanan yang dapat dipasarkan.

” Nah ini contoh komplitnya dari Ikan Bandeng, seperti kita ketahui ikan bandeng merupakan salah satu pilihan budidaya yang harus dioptimal, meskipun harganya terjangkau, kaya akan kandungan gizi, budidayanya juga mudah dilakukan, dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir.” ujar Danlanal Letkol Laut (P) Ainul Muslimin pada senin (25/10/2021).

Seperti yang kita ketahui bahwa Provinsi Jawa Barat menjadi produsen bandeng terbesar ke tiga di Indonesia dan lebih dari setengah produksinya dihasilkan di Kabupaten Indramayu. Kabupaten Indramayu sendiri memiliki potensi tambak terluas di Jawa Barat. Produksinya selalu melampaui target dan meningkat setiap tahunnya. Keterlibatan kelompok masyarakat sangat berpengaruh terhadap hasil budidaya bandeng itu sendiri.

Kegiatan Pelatihan Budi daya ikan bandeng ini tandas Danlanal Cirebon meliputi Penyiapan area, Pembersihan Kolam, Teknik Pembibitan, Teknik pembuatan Pakan, Teknik Pengolahan Pemasaran. Adapun Maksud dan tujuan dari kegiatan Pelatihan Budidayya Ikan Bandeng ini adalah untuk meninfkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Indramayu terutama masyarakat pesisir dan lainnya.

“Dengan demikian kan masyarakat dapat meningkatkan taraf kehidupan perekonomian dengan baik salah satunya melalui budi daya ikan bandeng, dan tentu kita gandeng Pemkab Indramayu, mari kita bersama – sama membantu masuarakat,” ucap Letkol Laut (P) Ainul.

Kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan Bandeng ini akan dilaksanakan selama 5 hari yaitu dimulai tgl 25 s/d 30 Oktober 2021 dengan metode Ceramah, diskusi dan praktek bersama sampai selesai hingga semua bisa dilakukan dengan baik.

-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here