Irdam Jaya Buka Sosialisasi Pemutakhiran Data Dan Bimtek Penyususnan RKA TA. 2018.

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Irdam Jaya/Jayakarta membuka sosialisasi pemutakhiran data dan Bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan rencana kerja anggaran (RKA) tahun 2008 di Aula Sudirman Kodam Jaya Jakarta Timur, Selasa (11/04/2017).

Kegiatan sosialisasi yang diadakan selama tiga hari mulai 11 hingga 13 April ini diikuti 324 peserta dari jajaran Kodam Jaya/Jayakarta dan Balakpus TNI AD.

Pangdam Jaya/ Jakarta Mayjen TNI Jaswandi dalam sambutannya yang dibacakan Irdam Jaya Kolonel Arm Broto Guncahyo, S.sos menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim pemutakhiran data dan Bimtek dari Mabesad dan peserta pemutakhiran data, sekaligus ucapan terima kasih kepada pimpinan TNI AD atas kepercayaan yang diberikan kepada Kodam Jaya untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

“Dokumen Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kotama/Balakpus merupakan masukan untuk penyusunan RKA TNI AD melalui mekanisme bottom-up sehingga didapatkan rencana pembangunan Kotama/Balakpus yang sistematis, komprehensif dan terintegrasi dengan perencanaan pada tingkat Komando di atasnya. Hal ini dilakukan secara berjenjang dan berkesinambungan serta merupakan bagian integral dari siklus Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,”jelasnya.

Selain itu, Pangdam Jaya juga mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan sangat penting untuk menghasilkan usulan rencana kerja dan anggaran melalui mekanisme yang terintegrasi dengan penyajian data yang akurat, demi menjaga konsistensi perencanaan, sebab ketidakakuratan data perencanaan yang disajikan oleh Kotama/Balakpus akan berpengaruh terhadap kesalahan pada tingkat perencanaan di TNI AD, TNI dan seterusnya.

“Untuk itu, perencanaan dalam RKA harus didasari oleh pertimbangan yang matang dengan mengedepankan skala prioritas. Hindari betul adanya perubahan sasaran atau penambahan-penambahan setelah RKA dibuat seperti kekurangan gaji, tunjangan dan uang makan PNS serta tunjangan kinerja,”terang Pangdam Jaya.

“Proses perubahannya memang sulit, hal ini mencerminkan ketidakcermatan dalam perencanaan awal, padahal seperti diketahui bahwa perencanaan setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan, harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku secara akuntabel dan
transparan,”lanjutnya.

Pangdam juga meminta kepada peserta agar sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini dan dapat memberikan masukan sesuai kondisi ideal dan skala prioritas serta menyajikan data personel maupun materiil secara cermat, teliti dan akurat sehingga kesalahan-kesa ahan yang pernah terjadi dapat dihindari untuk program kegiatan yang akan datang.

Pangdam juga berharap kepada Tim dari Mabesad, untuk memberikan bimbingan kepada para peserta dengan sejelas-jelasnya sehingga semua materi yang diberikan dapat dipahami dengan baik.

Sementara itu Ketua tim Sosialisasi kolonel Arh Ari Wibowo mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam upaya mensinkronkan penyusunan rencana kebutuhan tahunan untuk mewujudkan perpaduan yang harmonis dan rasional.

Ketua tim berharap, agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, serta para pejabat perencanaan  kotama dan pejabat perencanaan satuan kerja  lainnya dapat membuat perencanaan yang selektif guna  mengedepankan skala prioritas  untuk dituangkan ke dalam RKA TA. 2018.

Turut hadir dlm kegiatan tersebut para Asisten, para Komandan dan Satuan jajaran Kodam Jaya, Asren Kopassus serta para undangan. (ery ns/pendam jaya)