Tipu Pengusaha Beras, Seorang Warga Kabuh Diamankan Satrekrim Polres Jombang

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Wahyu Norman Hidayat, SIK, SH

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : U (57) warga asal Desa Kabuh, Kecamatan Kabuh, Jombang, harus pasrah ketika diglandang oleh tim Resmob Satrekrim Polres Jombang, hal ini dikarenakan tersangka U melakukan tindak pidana penipuan terhadap salah satu pengusaha Beras yakni H. Iwan, asal Jawa Barat.

AKP Wahyu Norman Hidayat, SIK, SH, selaku Kasat Reskrim Polres Jombang, membenarkan terkait adanya penangkapan tersangka U yang melakukan aksi tipu-tipu pada pengusaha beras asal Jawa Barat tersebut, pada kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan,” pada hari Selasa tim Resmob Satreskrim Polres Jombang berhasil ungkap kasus penipuan, yang dilakukan tersangka U yang merupakan warga Desa Kabuh, terhadap salah satu pengusaha beras asal Jawa barat,” ujarnya.(20/04/2017)

Saat disinggung terkait modus operandi yang dilakukan tersangka U dalam melakukan aksinya, Kasat Reskrim menuturkan,” modus operandi yang dilakukan tersangka yakni, tersangka pesan beras ketan 2 kali sebanyak 9 ton dan 6.9 ton, kepada salah satu pengusaha asal Jabar tersebut, selanjtnya tersangka hanya membayar biaya ongkos kirim beras tersebut, akan tetapi penjualan beras ketan belum di bayar oleh tersangka pada pihak pengusaha. Dan atas kejadian inilah pengusaha tersebut mengalai kerugian hingga ratusan juta rupiah, dan melaporkan tersangka pada pihak yang berwajib,” tegasnya.

Masih menurut penjelasan Kasat Reskrim,” tersangka kita amankan dirumahnya yakni di  Desa. Grobokan, Kecamatan Kabuh,  Jombang, tanpa perlawanan. Kini tersangka dan sejumlah barang bukti yakni, 1 buah buku catatan pesanan, diamankan di Polres Jombang untuk kepentingan lebih lanjut,” pungkasnya.

Atas perbuatannya tersangka U dijerat pasal 379 KUHP tentang tindak pidana penipuan, tersangka diamncam pidana kurungan 4 tahun.(elo)