Danpasmar-2 Membuka Latihan Bersama Swift Iron 17-2444 Tahun 2017

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : omandan Pasmar-2 (Danpasmar-2) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han)., secara resmi membuka latihan bersama (Latma) Swift Iron 17-2 444 Tahun 2017, yang diikuti oleh Para Prajurit Batalyon Intai Amfibi-2 Marinir (Yontaifib-2 Mar) dan US ARMY/ODA bertempat di Lapangan Tembak “Jusman Puger” Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat kemarin (21/04/2017).

Pembukaan latihan ditandai dengan penyematan pita pada salah satu perwakilan dari masing-masing peserta latihan.

Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-2 mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan latihan bersama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik maupun taktik operasi khusus, baik aspek darat maupun aspek laut bagi personel Yontaifib Korps Marinir.

“Mencermati perkembangan situasi keamanan global dunia saat ini yang semakin kompleks dengan munculnya berbagai ancaman dari negara mana saja dan dengan sasaran lintas negara, sehingga mendorong pemikiran negara-negara untuk menjalin kerja sama keamanan guna mengatasi hal tersebut,”kata Danpasmar-2.

Dengan mempelajari ancaman dan gangguan baik global maupun regional di kawasan Asia Tenggara, maka perlu adanya suatu kerja sama di bidang militer guna menjaga stabilitas keamanan tersebut.

Dilatar belakangi hal diatas, Yontaifib Korps Marinir TNI AL bekerja sama dengan US PACOM melaksanakan operasi gabungan untuk mengatasi masalah tersebut yang tertuang di dalam latihan bersama Swift Iron 17-2444.

Orang nomor satu di Pasmar-2 itu berpesan kepada seluruh peserta latihan agar membangun rasa saling hormat menghormati antar sesama peserta dan menjalin hubungan baik berdasarkan rasa persaudaraan prajurit Korps Marinir. Saya yakin dan percaya, sumbangsih dan kerja keras saudara selama melaksanakan latihan ini akan meningkatkan hubungan baik kedua negara, khususnya Korps Marinir TNI AL dan US PACOM.

“Besar harapan saya, latihan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di masa yang akan datang,”pungkasnya.

Sementara Komandan Satgas Latihan Letkol Marinir Rino Rianto mengatakan, latihan Swift Iron 17-2444 yang akan berlangsung hingga 08 Mei 2017 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik serta taktik operasi khusus aspek media darat dan laut bagi personel Taifib-2 Marinir.

Materi yang akan dilatihkan, lanjutnya, meliputi teori di kelas dan praktek di lapangan,untuk teori meliputi Tactical Combat Casuality Care (TCCC), Human Right sedangkan untuk praktek di lapangan, materinya meliputi Menembak Reaksi, Menembak Machine Gun, Menembak Mid Range Shooting Rifle, Menembak Long Range Shooting/Sniper, Close Quarter Battle (CQB), Scout Swimmer, Exercisi Perahu Karet, Nautical Navigation, Combat Diving, Cast And Recavery, Sea and Jungle Survival dan Amphibious Raid. (ery ns)