Aster Kasad TNI Apresiasi Kegiatan Tutup Tanam dengan Menanam 13 Ribu Pohon, di Rengel Tuban

Aster Kasad TNI Mayor Jendral TNI Wigdagdo Hendro Sukoco saat lakukan penanaman pohon di Rengel Tuban

KANALINDONESIA.COM, TUBAN : Dalam rangka peringatan hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, sejumlah aktifis pemerhati lingkungan, Perhutani Tuban, serta sejumlah elemen masyarakat dan TNI, gelar kegiatan tutup tanam dan deklarasikan Yayasan Tuban Hijau, hal ini menyusul adanya beberapa bencana alam yang melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur, mulai dari banjir bandang dan tanah longsor.

Kegiatan yang melibatkan unsur TNI yang manunggal bersama masyarakat untuk melestarikan lingkungan, khususnya di Kabupaten Tuban, dihadiri secara langsung oleh Aster Kasat TNI Angkatan Darat yakni  Mayor Jendral TNI Wigdagdo Hendro Sukoco. Bahkan orang penting di jajaran TNI tersebut, juga turut serta melakukan kegiatan tanam 13 ribu pohon, dengan melibatkan 1200 santri, serta organisasi masyarakat (ormas) yang dengan total 2 ribu orang penanam.

Mayjend TNI Wigdagdo Hendro Sukoco, selaku Aster Kasat TNI AD, saat dikonfirmasi kanalindonesia.com, terkait kegiatan tanam pohon dan deklarasi Yayasan Tuban Hijau, pihaknya menuturkan dalam pidato sambutannya,” yang pertama-tama kami ucapkan terimakasi pada tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini, dan untuk Pak Kapolres saya mengucapkan terimakasi karena berhasil menjaga Bumi Wali, yang pada waktu itu dimasuki teroris, namun berhasil dilumpuhkan oleh jajaranya,” ujarnya.

Masih menurut penjelasan Mayjend Wigdagdo,” dan saya berikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Pembina YPAAI, yang selaku ketua panitia kegiatan ini, karena saya bangga dan terharu melihat seorang pemuda yang mempunyai semangat tinggi untuk peduli terhadap lingkungan dan selenggarakan, kegiatan ini. Kalau kegiatan antara TNI dengan Mahasiswwa, atau dengan masyarakat itu sudah kalau hari ini dengan Santri ini sangat jarang, dan saya minta pada pak Dandim, agar dikembangkan bahkan di daerah lain” tegasnya.(22/04/2017)

Saat disinggung terkait kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh sejumlah aktifis pemerhati lingkungan di Tuban tersebut, Aster Kasat TNI tersebut, mengatakan,” kegiatan penghijauan itu sangatlah penting, karena sebagai bentuk empatik kita pada lingkungan, dan untuk itu semuanya harus terkonsep dengan baik dan berkesinambungan, agar tujuan penghijauan bisa tercapai dengan hasil yang maksimal. Dan di Rengel yang kita ketahui sering terjadi banjir, maka dengan upaya penanaman pohon ini, bisa menjadi salah satu upaya pencegahan banjir bandang,” ungkapnya.

Lanjut Aster Kasat TNI,” Dan dengan dibentuknya wadah untuk pemerhati lingkungan, bagi semua elemen masyarakat, kami harap bisa menjadikan Tuban lebih terjaga lingkungannya, dan lebih lestari. Serta demi kelestarian lingkungan hidup, kegiatan penanaman ini janganlah menjadi acara seremonial saja, namun pada ketua panitia dan seluruh elemen, saya minta untuk tetap menjaga, merawat dengan melakukan pengecekan tanaman yang sudah kita tanam hari ini nantinya,” pungkasnya.(elo)