Dalam Rangka Hari Kartini, Persit KCK PD Jaya Korem 052/Wkr Gelar Gebyar Iva Dan Pap Smear

KANALINDONESIA.COM, TANGERANG : Bertempat di ruang Aula lantai 4 Makorem 052/Wkr, sebanyak 52 orang anggota Persit  Kartika Chandra Kirana Koorcab  Rem 52 PD Jaya hadir dalam pemeriksaan  Pap Smear dan  Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) yang bekerja sama dengan Kimia Farma, Senin (24/04/2017).

Pemeriksaan  Pap Smear dan IVA tersebut  dalam rangka memperingati  Hari Kartini tahun 2017. Danrem 052/Wkr Kolonel Iwan Setiawan dan Ketua Kartika Chandra Kirana Koorcab  Rem 52 PD Jaya Ny Iwan Setiawan yang di dampingi ibu Kasrem Ny Achiruddin mengatakan, pemeriksaan Pap Smear dan IVA  adalah bentuk kepedulian tentang kesehatan reproduksi wanita  khususnya anggota persit Korem 052/Wkr. Tujuan diadakan pemeriksaan ini untuk  mendeteksi dini dan menekan serta menurunkan jumlah penderitaan kanker servik.

“Para wanita tidak hanya tergerak secara mandiri dan sukarela melakukan deteksi dini, tapi juga menjadikan dekteksi dini menjadi kebutuhan sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk menindaklanjuti hasil Pemeriksaan”, ujar Ny Iwan Setiawan.

Untuk itu, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab  Rem 52 PD Jaya Ny Iwan Setiawan berharap,  dengan kegiatan pencegahan dan pengendalian melalui metode Pap Smear dan IVA dapat mencegah penyakit kanker. Deteksi dini penyakit kanker dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan  sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama Anggota Persit.

Dalam pemeriksaan Pap Smear dan IVA inin ditangani langsung oleh dr Nurshakti Silastri yang kesehariannya berdinas di Rumkit TK II Daanmogot, dan dibantu dari Kimia Farma Bidan Elis, Bidan Fijia, dan Bidan Tri Harsini.

dr Nurshakti Silastri menjelaskan tentang Pap Smear dan  IVA. Untuk  Pap Smear adalah suatu metode pemeriksaan sel – sel yang diambil dari servik dan kemudian pemeriksaannya menggunakan mikroskop.

Perubahan sel – sel servik yang terdeteksi secara dini akan memungkinkan beberapa tindakan pengobatan  sebelum sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi sel kanker.

Sedangkan IVA adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %.

“Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker,” terang dr Nurshakti Silastri.

Turut hadir dalam Acara pemeriksaan Pap Smear dan IVA Pembina Harian Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab  Rem 52 PD Jaya Letkol Caj Drs I Wayan Arigunada. (ery ns)