DUBAI, KANALINDONESIA.COM:  Dalam kunjungannya ke Dubai menghadiri Dubai Expo 2021 sebelum mengikuti COP26 di Glasgow, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang akrab disapa Kang Emil bertemu dengan Troy Gillham, CEO Warrior’s Group, investor yang bekerjasama dengan UPC Renewables; dan membahas perkembangan masterplan untuk menghadirkan wisata petualangan kelas dunia di Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Sukabumi.

Warrior Group merupakan pengembang, pembangun, dan operator wisata petualangan “terbaik di kelasnya” yang telah membangun reputasi hebat terhadap kualitas dan inovasi yang memberikan kesuksesan di berbagai lokasi, tidak terkecuali melalui pembangunan atraksi Zipline terpanjang di dunia Jebel Jais di Ras Al Khaimah, Dubai.

“Kami tengah mencari pasar baru dalam beberapa tahun terakhir, dan kami sangat tertarik dan harapannya Indonesia dapat menjadi yang pertama. Proyek wisata outdoor di PLTB Sukabumi ini merupakan yang pertama bagi Warrior Group di Indonesia dan Asia Tenggara ujar Troy Gillham, CEO Warrior’s Group.

Gillham melanjutkan dengan mengatakan, “Alam Jawa Barat, topografi, iklim, serta banyaknya spot-spot alam yang menarik menjadi salah satu daya tarik utama untuk membuka wahana baru di Jabar. Semua tempat memiliki keunggulan masing-masing. Tapi di Indonesia ada banyak sekali yang kita bisa explore, dari danau, hingga ke air terjun, dan hutan.”

Sedangkan Sukabumi dengan kondisi topografinya, lokasi yang strategis, potensi pariwisata, dan keberadaan Geopark Ciletuh memberikan percepatan yang nyata untuk sebuah peluang luarbiasa yang diusulkan untuk dikembangkan bersama-sama dengan proyek PLTB Sukabumi 150 MW.

“Kami membuka sekolah paralayang (di Dubai), jadi saya pikir ada banyak kesempatan. Kami memiliki pilot terbaik dari Himalaya, dan saya ingin membawanya ke Indonesia”, tambahnya.

Sementara itu, Kang Emil pun menyambut baik pertemuan dengan Gilham, mengingat dalam beberapa tahun terakhir terjadi tren kenaikan pariwisata adventure atau outdoor.

“Dan Jawa Barat lengkap, punya air terjun 400, punya sungai indah, punya kebun teh, punya glamping di air, dan lainnya, dan dia tertarik,” kata Kang Emil.

UPC Renewables dan Warrior Group, bersama dengan Tim Geopark Ciletuh bakal mengeksplorasi bermacam opsi untuk jenis dan lokasi Adventure Sport ini dengan memanfaatkan topografi dan fitur geologi menakjubkan di lokasi yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Melalui kolaborasi UPC Renewables – Warrior; UPC Renewables meyakini adanya sebuah tanggung jawab yang melekat untuk mengedepankan sinergi yang luar biasa antara Energi Terbarukan, pariwisata dan pengembangan Geopark guna mendukung pencapaian komitmen perubahan iklim Indonesia pada COP-26.

Kesempatan luar biasa untuk menggabungkan petualangan Adventure Sport, energi terbarukan dan pusat ekowisata yang berkelanjutan dengan peluang ekonomi lokal yang berlipat ganda ini akan menjadi atraksi luarbiasa yang pertama di Indonesia.

Ditambah lagi wisata petualangan yang atraktif di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) akan menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat setempat, pendapatan daerah, sekaligus memberikan manfaat bagi nasional.

UPC meyakini bahwa rencana pembangunan PLTB 150 MW berskala besar di lokasi Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), yang dipadukan dengan atraksi olahraga petualangan dan akses di dalamnya, akan membuat pernyataan global, dan berfokus pada semua pemangku kepentingan yang terlibat memiliki kemampuan untuk mengembangkan destinasi wisata yang unik, berkelanjutan sekaligus “menempatkan daerah tersebut pada peta masuknya investasi yang bemanfaat”.

-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here