Persiapan May Day, Satuan Sabhara Polres Mojokerto Siapkan Perlengkapan Dalmas

sejumlah personil shara saat mempersiapkan sejumlah perlengkapan

KANALINDONESIA.COM, MOJOKERTO : Satuan Sabhara Polres Mojokerto mempersiapkan perlengkapan Dalmas, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi demontrasi yang dilakukan oleh buruh saat memperingati hari buruh internsional (red : May Day), di wilayah Hukum Polres Mojokerto.

AKP Bambang Eko Sujarwo, SH, selaku Kasat Sabhara Polres Mojokerto, mengatakan ,”penyiapan alat ini sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 16 tahun 2006 tentang pedoman dalmas, bahwa dalmas lanjut adalah dalmas yang di lengkapi dengan perlengkapan khusus kepolisian guna mengendalikan massa dalam situasi kuning atau tidak tertib,” tegasnya.(29/04/2017)

Masih menurut penjelasan Kasat Sabhara, “sebagai langkah antisipasi maka akan dilakukan persiapan alat ini, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, namun kita berharap aksi unjuk rasa buruh memperingati may day tahun ini dapat berjalan dengan damai dan tertib tanpa harus mengganggu hak dan kepentingan masyarakat banyak,” ungkpanya.

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, persiapan perlengkapan dalmas lanjut ini meliputi 100 buah tameng, helm, tongkat dan body protektor untuk kekuatan 1 Kompi personil dalmas lanjut, selain itu juga disiapan 6 buah tabung pemadam api atau apar, 15 senjata laras licin pelontar gas air mata atau flassball, serta masker penutup muka. Disamping itu kendaraan taktis dalmas water canon kapasitas 5000 liter juga di isi air penuh serta mobil publick adress untuk penerangan dalmas juga disiapkan dalam kondisi ready.

Sebelumnya para anggota dalmas lanjut juga sudah seringkali di latihkan ketrampilan dan kemampuan dalmas lanjut. Bambang juga menyiapkan unit K9 sejumlah 4 ekor anjing untuk memback up pengamanan unjuk rasa may Day.(mmk1/elo)