Galian C Ilegal Digrebek, Satreskrim Polres Jombang, 3 Truck dan 1 Alat Berat

Lokasi Galian C illegal di Karangasem, Desa Karang Dagangan

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Satreskrim Polres Jombang menggerebek lokasi pertambangan illegal galian C di Dusun Karangasem, Desa Karang Dagangan, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang.  Petugas berhasil mengamankan satu ekskavator dan 3 dum truk yang memuat tanah galian C, berserta sopir dan operator alat  berat.

Hal ini disampaikan AKP Norman Wahyu Hidayat, selaku Kasat Reskrim Polres Jombang, pada kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan,“ Penggerebekan ini kita lakukan karena, disini ada aktifitas pertambangan galian C diluar koordinat yang ditentuan dalam ijin yang tertera,” ujarnya.(01/05/2017)

Saat disinggung apa saja yang berhasil diamankan oleh pihaknya pada saat penggerebekan tadi, Kasat Reskrim mengatakan,” kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, berupa 3 buah truk dan 1 alat berat, beserta 3 sopir dan 1 operator alat berat,” tegasnya.

Masih menurut penjelasan Kasat Reskrim,” mereka akan kita periksa dahulu dikantor, berikut nantinya sejumlah saksi juga kita mintai keteragan untuk menentukan siapa pelaku dan pemilik dari aktifitas penambangan tersebut,” ungkapnya.

Lanjut Kasat Reskrim,” lahan yang terdampak aktifitas penambangan, meluas sebanyak 5 hektar dari koordinat yang sudah ditentukan. Dan jika memang terbukti pelaku akan dijerat dengan pasal 158 undang-undang, nomor 4 tahun 2009 tentang minerba dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda palingbanyak 10 Milryar rupiah. Selanjutanya, Tiga Dump Truk dan satu alat berat berikut sopir dan opratornya dievakuasi ke Polres Jombang dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian,” pungkasnya.(elo)